PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPCHART PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI SMAN 1 TEUPAH TENGAH KABUPATEN SIMEULUE

Eriawati Eriawati, Nafisah Hanim, Malahayati Malahayati

Abstract


Proses pembelajaran Biologi di SMAN 1 Teupah Tengah Kabupaten Simeulue masih didominasi oleh guru, media yang digunakan guru sangat terbatas, sehingga dalam proses belajarnya banyak peserta didik yang tidak tertarik dan sebagian besar asyik sendiri tidak memperhatikan penjelasan guru, sehingga berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran flipchart. Rancangan penelitiannya Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE. Tahapan model ADDIE terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian 2 ahli media dan 2 ahli materi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli, sedangkan teknik pengumpulan data menggunkan lembar validasi dari ahli media dan ahli materi. Data hasil penelitiang dianalisisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan media pembelajaran flipchart diperoleh hasilnya kevalidan yaitu 85,23% dengan kriterianya sangat layak . Hal ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flipchart pada Materi Sistem Pernapasan di SMAN 1 Teupah Tengah Kabupaten Simeulue sangat layak digunakan sebagai media pendukung dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: Pengembangan Media Pembelajaran Flipchart, Sistem Pernapasan, Kelayakan, Teupah Tengah Kabupaten Simeulue .


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2006. Media Pembelajran. Jakarata: PT Raja Granfindo Persada.

Asih. Niluh Gede Yasmin. 2004. Keperawatan medikal bedah dengan gangguan sistem pernapasan. Jakarta: EGC.

Azhar Arsyad. 1997. Media Pegajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Campbell and Reece. 2012. Biologi Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

D Sudjana S. Metode Pengajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.

Hanafi. 2017. Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman. Vol. 4. No. 2.

Karwono. Heni mularsih. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Masnur Muslich dan Maryaeni. 2010. Bagaimana Menulis Skripsi. Jakarata: Bumi Aksara

Made Giri, dkk. 2014. Pengembangan Multimedia Interakrtif Berbasis Proyek Dengan Model ADDIE Pada Materi Programan Web Siswa Kelas X Semester Genap Di SMK Negeri 3 Singaraja, “e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha”, Vol. 4, No.3, (2014). h. 8.

Nasution. 2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Nita Yuliana. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Bebasis Macromedia Flash pada Pokok Materi Pythagoras di Kelas VIII SMP. Skripsi. Lampung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

R. Angkowo dan A. Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Gramedia.

Rudi Susilana dan Cepi Riyana. 2009. Media Pembelajaran, Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: wacana prima.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pengembangan. Bandung: Alfabet.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v11i1.19411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0