IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE PADA MATERI STRUKTUR BAGIAN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Nafisah Hanim, Eriawati Eriawati, Rika Rahmah Syahputra

Abstract


Proses belajar mengajar sudah dilaksanakan dengan baik, namun masih ada siswa yang kurang memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru hal ini disebabkan oleh penggunaan media yang kurang menarik dan monoton sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa terhadap penerapan media pembelajaran puzzle pada materi struktur bagian tumbuhan. Metode penelitian yang digunakan yaitu Pre Experiment dengan design one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas VIII, sampel penelitian kelas VIII.5 berjumlah 25 siswa, untuk pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes. Instrumen penelitian berupa tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 25 butir soal. Hasil belajar siswa mendapatkan nilai N-gain 0,69 kategori sedang dengan nilai rata-rata pre-test 35,8 dan nilai rata-rata post-test 80,4. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel (thitung = 36,55 > ttabel=1,711). Sehingga dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Media Puzzle, Hasil belajar, Materi Struktur Bagian Tumbuhan.

 


Full Text:

PDF

References


Andri. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar IPA Di SMP Negeri 10 Palopo. Palopo: Universitas Cokroaminoto.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Irham, Muhammad, et. all. 2013. Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Matondang, Rahmawati, dkk. 2021. Ragam Media Pembelajaran Untuk Pembelajaran PPKN. Malang: Literasi Nusantara.

Mulyadin dan Firmansah. 2020. “Penerapan Permainan Puzzle Efektif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SMPN 2 Bolo”. Jurnal PIPA: Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol. 1. No. 1.

Sukardi. 2004. Metodologi Pendidikan dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryadi, Jurnal. 2014. Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMK Negeri 1 Lais Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin. Palembang: Mahasiswa Prodi IPI Pascasarjana IAIN Raden Fatah Palembang.

Triyanto, Teguh. 2014. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v11i1.19541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0