SIKAP MASYARAKAT KOTA JANTHO TERHADAP KEBERADAAN PUSAT REINTRODUKSI ORANGUTAN SUMATERA (Pongo abelii L.)

Ernilasari Ernilasari, Rizky Ahadi

Abstract


Orangutan Sumatera merupakan salah satu kera besar yang hanya ditemukan di Indonesia. Menurut data IUCN (International Union for Conservation of Nature), keberadaan Orangutan Sumatera (Pongo abelii L.) saat ini termasuk satwa dengan status kritis yang merupakan status kepunahan tertinggi. Kepunahan Orangutan Sumatera ini salah satunya disebabkan konflik dengan manusia akibat rendahnya tingkat pemahaman sehingga memunculkan suatu keterbatasan ilmu pengetahuan tentang pentingnya keberadaan Orangutan. Konflik ini dapat di hindari dengan mengetahui sikap masyarakat sekitar habitat Orangutan sesuai dengan tujuan penelitian ini yaitu mengetahui sikap masyarakat Gampong Jalin, kota Jantho Kabupaten Aceh Besar terhadap keberadaan pusat reintroduksi Orangutan Sumatera di Jantho. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan angket sikap. Data sikap masyarakat dianalisis dengan rumus penskoran data sikap. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata sikap masyarakat Gampong Jalin terhadap keberadaan pusat reintroduksi Orangutan Sumatera (Pongo abelii L.) yaitu 65 dengan kategori netral.


Full Text:

PDF

References


Azwar, S. 2009. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Burhan. 2002. Statistik Terapan Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Departemen Kehutanan 2007. Strategi dan Rencana Aksi Konservasi Orangutan Sumatera. Jakarta : Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan Dan Konservasi Alam Departemen Kehutanan.

Departemen Kehutanan. 2007. Strategi dan Rencana Aksi Konservasi Orangutan Sumatera. Jakarta : Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam Departemen Kehutanan.

Elsa, F. 2014. “Penerapan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Metode Inkuiri Terhadap Sikap Dan Perilaku Siswa Pada Meteri Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan di SMP Negeri 6 Banda Aceh”. Jurnal Biotik. Vol. 2. No. 1.

Habibah. 2019. “Penerapan Strategi Pembelajaran Kimia Berdasarkan Multi Level Representasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Pengangga Di SMA Negeri 1 Julok”. Skripsi. Banda Aceh : UIN Ar-Raniry.

Hamdi, A.S dan Baharuddin. 2014. Metode Penelitian Kuantitaif Aplikasi Dalam Pendidikan. Bogor : CV. Budi Utama.

Hurlock, E. 1998. Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga.

Isjoni. 2006. Pendidikan sebagai Interval Masa Depan. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.

Kumurur, V. 2012. Pengetahuan, Sikap dan Kepedulian Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Lingkungan terhadap Lingkungan Hidup Kota Jakarta. EKOTON, 3(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/EKOTON/article/view/267




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v11i1.19612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0