RESPON PESERTA DIDIK TERHADAP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH

Widya Zarni, Nulia Zahara

Abstract


Proses pembelajaran di SMP Negeri 1 Banda Aceh berjalan dengan baik, tetapi kurang bervariasi, solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut dengan menghadirkan media pembelajaran berbasis android. Salah satu yang melatar belakangi dikembangkan  media pembelajaran berbasis android pada materi sistem peredaran darah ini adalah kurangnya penggunaan media pendukung pembelajaran yang digunakan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif berbasis android pada materi sistem peredaran darah di SMP Negeri 1 Banda Aceh. Rancangan penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) mengacu pada model 4-D yang meliputi tahapan define, design, develop dan dessimination. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas VIII/4 SMPN 1 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data berupa angket respon siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar angket respon siswa. Teknik analisis data respon siswa menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa respon siswa terhadap media diperoleh 87% dengan kriteria sangat positif. Disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis android pada materi sistem peredaran darah dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran untuk peserta didik di SMPN 1 Banda Aceh. 

Kata kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Android, Respon


Full Text:

PDF

References


Dian Kurniawan dan Sinta Verawati Dewi. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencast-O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4D Thagarajan. Jurnal Seri Pendidikan. Vol. 3. No.1 diakses pada tanggal 25 Maret 2023, h.217

Destiana, Erma. 2020. “ Pengembangan E-Handout Spermatophyta Dengan Model Kvisoft Terintegrasi Islam Pada Kelas X Lintas Minat MAN Kendal” Skripsi. Semarang: Pendidikan Biologi Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Emda, Amna. 2017. “ Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembeljaran”. Lantanida Journal. Vol. 5. No. 2.

Fatimah, Dini Destiani Siti. dkk. 2019. “Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Komputer Berbasis Multimedia dengan Pendekatan Metodologi (R&D)”. Jurnal Algoritma. Vol. 16. No. 2.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v11i1.20712

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v11i1.20712.g8809

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0