KOMPOSISI TIPE CANGKANG NERITIDAE DI PERAIRAN PAYAU SUNGAI REULEUNG LEUPUNGKABUPATEN ACEH BESAR

Muhammad Ali Sarong, Asri Mursawal

Abstract


Kegiatan penelitian dilaksanakan di kawasan Perairan Payau Sungai Reuleung Leupung Kabupaten Aceh Besar, pada Bulan April 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji komposisi tipe cangkang spesies dari Neritidae, di kawasan perairan payau Sungai Reuleung Leupung Kabupaten Aceh Besar. Anggota spesies masing-masing dari Neritidae diambil pada tiga stasion perairan payau Sungai Reuleung Leupung, dengan metode sampling. Anggota Neritidae yang diambil lalu diperhatikan tipe cangkang, dan panjang masing-masing bagian cangkang yang dimiliki. Analisis komposisi tipe cangkang digunakan rumus persentase dimodivikasi. Hasil diperoleh adalah komposisi tipe cangkang anggota Neritidae di perairan payau Sungai Reuleung berkisar antara 11,11% (Spherical dan Patelliform) sampai 77,78% (Globose). Kesimpulan diperoleh adalah komposisi tipe cangkang Globose lebih dominan dibandingkan dengan komposisi tipe cangkang Spherical dan Patelliform anggota Neritidae di kawasan perairan payau Sungai Reuleung Leupung Kabupaten Aceh Besar

Full Text:

PDF

References


Ali, SM., dan A. Mursawal. 2016. Komposisi Bentuk Cangkang Neritidae di Perairan Payau Sungai Reuleung Leupung Kabupaten Aceh Besar. Prosiding Seminar Nasional Biotik 2016. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry.

Dharma, B. 2005. Indonesia Shells. Jakarta: PT Ikrar Mandiri Abadi Indonesia

Dharma, B. 1988. Siput dan Kerang Indonesia. Jakarta: PT Sarana Graha.

Marwoto, R.M., Nur, M., Isnaningsih, Nova, M., Haryanto. 2011. Keong Air Tawar Pulau Jawa (Moluska, Gastropoda). Bogor: LIPI.

Munandar, A., dan Susilowati, P. 2003. Keong dari Taman Nasional Gunung Halimun. Cibinong: JICA Biodiversity Conservation Project.

Mursawal, A. 2015. Makrozoobenthos di Kawasan Terlindung dan Tidak Terlindung Perairan Krueng Reuleung Leupung Kabupaten Aceh Besar. Banda Aceh: Fakultas Kelautan dan Perikanan .

Oemarjati, B. S., dan W. Wardana. 1990. Taksonomi Avertebrata. Jakarta: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia.

Sarong, M.A., Asiah,. dan Mimie, S. 2015. Analisis Struktur Umur dan Teknik Penetapan Geloina Erosa Layak Panen sebagai Upaya Konservasi di Kawasan Mangrove Perairan Payau Sungai Reuleng Leupung Kabupaten Aceh Besar. Banda Aceh: Lembaga Penelitian Universitas Syiah Kuala.

Sarong, MA., M. Boer, R. Dahuri, Y. Wardiatno dan M. Kamal. 2010a. Pengambilan Kerang Mangrove Geloina yang Ramah Lingkungan Dalam Masyarakat Leupung Kabupaten Aceh Besar. J. Moluska Indonesia: (I) 59-64.

Sarong, MA., M. Boer, R. Dahuri, Y. Wardiatno dan M. Kamal. 2010a. Pengelolaan Kerang Mangrove Geloina erosa Berdasarkan Aspek Biologi di Kawasan Pesisir Barat Kabupaten Aceh Besar. Disertasi. Bogor: Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

Suwignyo, S. 2005. Avertebrata Air. Bogor: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v5i1.2106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0