ESTIMASI STOK KARBON TANAH DI HUTAN SEULAWAH AGAM DESA PULO KEMUKIMAN LAMTEUBA KECAMATAN SEULIMUEM KABUPATEN ACEH BESAR

Nurul Farija, Rahmawati Rahmawati, Evi Agustina, Sri Wahyuni, Muslich Hidayat

Abstract


Seulawah adalah salah satu gunung di Aceh yang berperan sebagai Kawasan Penyangga karena diselimuti oleh berbagai jenis tumbuhan. Keanekaragaman tumbuhan dipengaruhi salah satunya dipengaruhi oleh stok karbon tanah. Penelitian mengenai karbon tersimpan perlu dilakukan untuk mengetahui perubahan karbon tersimpan di suatu kawasan akibat penggunaan lahan. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 22 Mei 2016. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui stok karbon tanah gunnung Selawah Agam. Metode penelitian dilakukan dengan metode komposit. Penelitian ini dilakukan pada 10 plot dengan masing-masing 3 titik per plot. Hasil analisis stok karbon tanah di Hutan Selawah Agam memiliki konsentrasi yang bervariasi untuk setiap plot pengamatan. Stok karbon tanah di hutan Seulawah Agam diperoleh bahwa kandungan karbon tanah tertinggi terdapat pada plot ke-9 dengan vegetasinya berupa hutan primer yaitu 5,2796 g/cm2 atau 527,96 ton/ha. Sedangkan stok karbon tanah yang terendah didapatkan pada plot ke-2 dengan vegetasinya berupa hutan sekunder yaitu 1,04656 g/cm2 atau 104,656 ton/ha.Perbedan kadar stok karbon pada tiap plot dipengarui oleh keanekaragaman jenis pohon, kandungan karbon, faktor lingkungan, dan banyaknya serasah yang ada di sekitar plot pengambilan sampel dan jenis tanah

Full Text:

PDF

References


Abera, G dan E.W. Meskel. 2013. oil Properties, and Soil Organic Carbon Stocks of Tropical Andosol under Different Land Uses. http://dx.doi.org /10.4236/ojss.2013.3301. Journal of Soil Science, 2013, 3, 153.

Heru Prasetyo dan Mochamad Thohiron, “Aplikasi SIG Penilaian Status Kerusakan Tanah Untuk Produksi Biomassa Di KabupatenTuban, Jawa Timurâ€, Jurnal PAL, Vol. 4, No.1, 2013.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi “Gunung Seulawah Agam Aceh Besar". 10 May 2012.

PT 65-01 Pengelolaan Hutan, 2011. Ground Based Forest Carbon Accounting. Badan Standardisasi Nasional.

Muli Edwin, Penilaian Stok Karbon Tanah Organik pada Beberapa Tipe Penggunaan Lahan di Kutai Timur, Kalimantan Timur, Jurnal Agrifor Volume XV Nomor 2, Oktober 2016, H.280.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.