KEANEKARAGAMAN ARTHROPODA PERMUKAAN TANAH DI BAWAH TEGAKAN VEGETASI PINUS (Pinus merkusii) TAHURA POCUT MEURAH INTAN

Lisa Fatmala, Samsul Kamal, Elita Agustina

Abstract


Arhropoda permukaan tanah merupakan arthropoda yang melakukan aktivitas makan, reproduksi, dan aktivitas mencari makanan di permukaan tanah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keanekaragaman arthropoda permukaan tanah di bawah tegakan vegetasi pinus (Pinus merkusii) Tahura Pocut Meurah Intan. Rancangan penelitian yang digunakan untuk memperoleh data lapangan, yaitu dengan menggunakan metode pitfall trap. Pengambilan sampel secara purposive sampling pada permukaan tanah. Lokasi penelitian di bawah tegakan vegetasi pinus dibagi menjadi 3 titik pengamatan dan masing-masing titik pengamatan terdiri dari 5 plot. Data dianalisis dengan menggunakan rumus indeks keanekaragaman Shannon-Wienner. Hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa arthropoda permukaan tanah di bawah vegetasi Pinus merkusii Tahura Pocut Meurah Intan ditemukan 22 spesies arthropoda permukaan tanah, yang tergolong dalam 13 famili dari 7 ordo. Indeks keanekaragaman arthropoda permukaan tanah diperoleh Ĥ = 1,178. Hal ini menunjukkan bahwa keanekaragaman arthropoda permukaan tanah di bawah tegakan vegetasi pinus (Pinus merkusii) Tahura Pocut Meurah Intan tergolong kategori sedang.

Full Text:

PDF

References


Adi Kunarso dan Fatahul Azwar. 2013. Keragaman Jenis Tumbuhan Bawah pada Berbagai Tegakan Hutan Tanaman di Benakat, Sumatera Selatan. Jurnal Penelitian Hutan Tanaman, Vol. 10 No. 2

Agoes Soegianto. 1994. Ekologi Kuantitatif, Surabaya: Usaha Nasional.

Agustinawati, Moh.Hibban T., dan And.Wahid. 2016. Keanekaragaman Arthropoda Permukaan Tanah Pada Tanaman Cabai (Capsicum Annum L.) dengan Sistem Pertanaman Yang Berbeda Di Kabupaten Sigiâ€, Jurnal Agrotekbis, Vol. 4, No. 1

Leo Eladisa G. 2012. Kelimpahan Jenis Collembola pada Habitat Vermikompostingâ€, Jurnal Widya Warta, No. 01.

Ferianita, Fachrul M. 2007. Metode Sampling Bioekologi, Jakarta: Bumi Aksara.

Odum, E, 1993. Dasar-Dasar Ekologi. Yogyakarta: UGM Press.

Odum Eugene. P, 1997. Fundamental Ekologi. Tokyo: Toppan Company.

Hasni Ruslan. 2009. Komposisi dan Keanekaragaman Arthropoda Permukaan Tanah pada Habitat Hutan Homogen dan Heterogen di Pusat Pendidikan Konservasi Alam (Ppka) Bodogol, Sukabumi, Jawa Baratâ€, Vis Vitalis, Vol. 02 No. 1.

Nurhadi, Rina W. 2009. Komposisi Arthropoda Permukaan Tanah di Kawasan Penambangan Batubara di Kecamatan Talawi Sawahlunto. Jurnal Sains dan Teknologi (Sainstek) STAIN Batusangkar, Vol. 1 No. 2.

Suin N. M. 1989. Ekologi Hewan Tanah. Jakarta: Bumi Aksara.

Yonky Indrajaya dan Wuri Handayani. 2008. Potensi Hutan Pinus merkusii Jungh. Et de Vriese sebagai Pengendali Tanah Longsor Di Jawa. Info Hutan, Vol. 5 No. 3. Diakses pada tanggal 30 Maret 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.