POLA DISTRIBUSI URCHIN (ECHINOIDEA) PADA EKOSISTEM TERUMBU KARANG (CORAL REEFS) DI PERAIRAN IBOIH KECAMATAN SUKAKARYA KOTA SABANG SEBAGAI PENUNJANG PRAKTIKUM EKOLOGI HEWAN

Muhammad Nazar, Zuraidah Zuraidah, Samsul Kamal

Abstract


Penelitian ini tentang pola distribusi Urchin yang dilakukan di perairan Iboih Kota Sabang pada bulan Desember 2016 sampai Januari 2017. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 13 sampai 14 Desember 2016. Permasalahan dalam penelitian perairan Iboih diketahui bahwa terumbu karang yang terdapat dikawasan tersebut telah mengalami kerusakan penyebab rusaknya terumbu karang disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah Urchin yang merupakan hama atau predator yang berhabitat di perairan Iboih dan juga belum tersedianya modul praktikum tentang materi tersebut dan masih terbatasnya reverensi tentang pola distribusi Urchin sehingga perlu dikaji dengan suatu penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola distribusi Urchin (Echinoidea) pada ekosistem terumbu karang (Coral reefs) di perairan Iboih Kecamatan Sukakarya Kota Sabang. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah kombinasi dua metode transek yaitu metode transek garis (line transect) dan transek kuadrat (quadrat transect) dengan empat stasiun untuk menghitung pola distribusi. Perhitungan pola distribusi dengan menggunakan indeks Morisita. Hasil penelitian ditemukan 4 spesies dari 1 famili, yaitu: Diadema setosum, Diadema savignyi, Echinothrix diadema, Echinothrix calamaris. Berdasarkan perhitungan indeks morisita pada keseluruhan stasiun terdapat indeks dengan nilai Id>1,02-1,82. Pemanfaatan penelitian ini diaplikasikan sebagai penunjang praktikum Ekologi Hewan dalam bentuk buku saku dan modul praktikum. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pola distribusi Urchin yang terdapat di perairan Iboih Kota Sabang berdasarkan perhitungan dengan menggunakan indeks Morisita adalah secara mengelompok.

Full Text:

PDF

References


Aznam Aziz, 1994, “Pengaruh Salinitas Terhadap Sebaran Fauna Echinodermataâ€. Jurnal Oseana, Vol. XIX, No. 2.

Barus T.A, 2004., Pengantar Limnologi Studi Tentang Air Daratan, Medan: USU Press

Eka Wulandari, N.L., Subagio, J.N., Wiryatno, J, 2015.,“Jenis dan Densitas Bulu Babi (Echinoidea) di Kawasan Pantai Sanur dan Serangan Denpasar-Baliâ€. Jurnal Simbiosis, Vol. III, No. 1.

Firman R.A, Dkk., 2015., “Struktur Komunitas dan Karakteristik Bulu Babi (Echinoidea) di Zona Sublitoral Perairan Iboih Kecamatan Sukakarya Kota Sabangâ€. Prosiding Seminar Nasional Biotik 2015, Banda Aceh: UIN Ar-Raniry.

Hutabarat, S. dan S. M. Evan, 1985. Pengantar Oseanografi. Universitas Indonesia Press: Jakarta.

Nybakken, W., Biologi Laut: Suatu Pendekatan Ekologis, 1988., Jakarta: PT Gramedia.

Rahardjanto, A.K, 2001., Buku Petunjuk Dasar-Dasar Ekologi Tumbuhan, Malang: UMM Press.

Steven, dkk, 2014 “Density And Distribution Pattern Of Sea Urchin Population (Diadema Setosum) On Coral Reef (Reef Flat) At Setan Islandâ€. Journal Fisheries and Marine.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.