KOMPETENSI GURU BIOLOGI DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH DAN TSANAWIYAH

Eva Nauli Taib, Epinovita Taib

Abstract


Kompetensi guru adalah seperangkat penguasaan kemampuan yang harus ada dalam diri guru agar dapat mewujudkan kinerjanya secara tepat dan efektif. Kompetensi guru juga diistilahkan dengan kemampuan guru atau kinerja guru yang satu sama lain berbeda penempatannya telah banyak dikaji mengingat peran guru yang sangat penting untuk pelaksanaan pembelajran di sekolah/madrasah. Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran menyangkut tiga fungsi manajerial yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian. Kemampuan guru biologi dalam melaksanakan pembelajaran selalu menjadi kambing hitam penyebab rendahnya pemahaman siswa selama ini. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru biologi dalam melaksanakan pembelajaran di madrasah Aliyah dan Tsanawiyah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru biologi di madrasah Aliyah dan Tsanawiyah di Aceh Barat diambil menggunakan teknik purposive sampling, Teknik pengumpulan data adalah teknik Observasi dan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan pedoman wawancara. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran biologi pada sekolah berbasis Islam/madrasah di Aceh juga termasuk dalam kategori cukup dengan angka persentase 69,70. Kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran yang meliputi kemampuan menggunakan metode, media, dan sumber belajar sudah termasuk dalam kategori baik, yang membuat kemampuan guru dalam pelaksaan ini turun adalah ketidakadaan LKS dalam pembelajaran yang digunakan. Hanya guru 2 yang menggunakan LKS. Sehinga kalau komponen ini tidak dimasukkan, maka angka persentasenya adalah 72,5 atau termasuk dalam kategori baik.

Full Text:

PDF

References


Abdul Fattah Abu Ghuddah, 2012. 40 Metode Pendidikan &Pengajaran Rasulullah, Bandung: Irshad Baitus Salam. Hal 117-118.

Arsyad, Azhar, 2013. Media Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Press.

Azwar, Saifuddin. 2012. Tes prestasi: fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas, Standar Kompetensi Guru,...... hal.9

Diani, 2015. Kecenderungan Masyarakat dalam Menyekolahkan anak pada Madrasah Tsanawiyah Negeri (MtsN) Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya. Skripsi. ETD Unsyiah.

Istarani, 2012. Kurikulum Sekolah Berkarakter, Medan: Media Persada.

Jien Tirta Raharja, Tri Hartiti Retnowati, Evaluasi Palaksanaan Pambelajaran Seni Budaya SMA di Kabupaten Lombok Timur, NTB. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 2013.

Jien Tirta Raharja, Tri Hartiti Retnowati, Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya SMA di Kabupaten Lombok Timur, NTB, jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 2013 dalam http://journal.uny.ac.id/index.php/iipep/article/download/1701/1415 pdf diakses 15 Maret 2016.

Karmawati, “evaluasi pelaksanaan penilaian portofolio di MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) Model†Jurnal Paedagogia Vol. 2, No.2, Tahun 2013 dalam http://jurnalpaedagogia.com/index. php/paedagogia/article/download/22/21.

Mansur Muslich, KTSP, Dasar Pemahaman..., hal. 45.

Moh.uzer Usman, 2000. Menjadi guru profesional, Bandung, PT Remaja Rosda karya. hlm. 89

Mulyasa, 2005. Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan, Bandung, PT Remaja Rosdah karya.

Mulyasa, E, 2008. Menjadi Guru Profesional. Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Musyrifah Sunanto, 2005. Sejarah Peradaban Islam Indonesia, Jakarta: Raja Grafindo Persada. Hal. 7-8.

Nur Khamidah, Nani Aprilia, Evaluasi Program Pelaksanaan Praktikum Biologi Kelas XI SMA Se-Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta Semester II Tahun Ajaran 2013/2014, JUPEMASI-PBIO Vol. 1, No. 1, Tahun 2014 dalam http://jupemasipbio. uad.ac.id/wp-content /uploads/2014/11/2.-NP_11A08023_NUR-KHAMIDA.pdf.

Nuryake Fajaryati, Evaluasi Pelaksanaan Teaching Factory SMK di Surakarta Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 2, No. 3, November 2012.

Permendikbud 103 Tahun 2014.

Suharsimi Arikunto, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). 2011 h. 290-303.

Supardi, 2014. Kinerja Guru, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta. Hal. 73

Sutisna, Oteng, 1993. Administrasi Pendidikan Dasar Teoritis dan Praktis Profesional, Bandung: Angkasa. Hal. 212

Uzer Usman, 1994. Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Waspada dalam http://waspada.co.id/aceh/ sekolah-asal-malaysia-jalin-kerjasama-dengan-man-aceh-besar/ November 12, 2015.

Wirawan, 2002. Profesi dan Standar Evaluasi, Jakarta: Yayasan Bangun Indonesia & UHAMKA Press. Hal.22

Yutmini, Sri. 1992. Strategi Belajara Mengajar, Surakarta: FKIP UNS. Hal. 13.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.