STRUKTUR KOMUNITAS TUMBUHAN HERBA DI BAWAH TEGAKAN PINUS (Pinus merkusii) DI TAHURA POCUT MEURAH INTAN

Yusra Yusra, Muslich Hidayat, Eriawati Eriawati

Abstract


Tumbuhan herba adalah tumbuhan yang berbatang lunak (batangnya tidak berkayu). Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat struktur komunitas tumbuhan herba di bawah tegakan vegetasi Pinus (Pinus merkusii) di Taman Hutan Raya (Tahura) Pocut Meurah Intan. Penelitian ini di lakukan di Tahura Pocut Meurah Intan pada September 2016. Rancangan penelitian menggunakan metode jelajah dan pengambilan sampel dengan teknik pembuatan petak kuadrat secara purposive sampling. Lokasi penelitian di bawah tegakan vegetasi pinus. Hasil penelitian struktur komunitas diperoleh bahwa kelimpahan yang tertinggi adalah Panicium repens L, indeks dominansi berjumlah 0,06267, indeks nilai penting berjumlah 193,939%, indeks keranekaragaman berjumlah 2,6284 dan indeks keseragaman berjumlah 0,8166. Kesimpulan menunjukkan bahwa, spesies yang paling melimpah dan yang paling dominan adalah Panicium repens L diantara spesies yang lain, berdasarkan kriteria tergolong indeks dominansi rendah dan didukung dengan indeks nilai penting spesies tersebut di bawah vegetasi pinus Tahura yang cukup tinggi, keanekaragaman sedang dan komunitas stabil dengan tingkat keseragamannya yang tinggi, dan secara keseluruhan tumbuhannya heterogen.

Full Text:

PDF

References


Abtokhi, A. 2008, Sains untuk PGMI dan PGSD. Malang: UIN-Malang Press.

Aththorock, T.A 2005. Kemiripan Komuitas Tumbuhan Bawah pada Beberapa Tipe Ekosistem Perkebunan di Kabupaten Labuhan Batu. Jurnal Komunikasi Penelitian. Vol. 17, No. 5.

Djufri. 2003. “Analisis Vegetasi Spermatphyta di Taman Hutan Raya (Tahura) Seulawah Aceh Besarâ€. Jurnal Biodiversitas, Vol. 4. No. 1.

Mazer, S.N dan Darsikin. 2014. Distribusi dan Kelimpahan Spesies Tumbuhan Bawag pada Naungan Pinus mercusii, Acacia auriculiformis dan Eucalyptus alba di Hutan Gama Giri Mandiri, Yogyakarta. Jurnal Natur Indonesia. Vol. 16. No. 16.

Odum, E.P. 1993. Dasar-Dasar Ekologi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rugayah, dkk. 2004. Pengumpulan data Taksonomi. di dalam: Rugayah, E.A.Widjaja. Praptiwi (Eds.). Pedoman Pengumpulan Data Keanekaragaman Flora, Pusat Penelitian Biologi-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Soegianto, A. 1994. Ekologi Kuantitatif. Surabaya: Usaha Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.