SPESIES IKAN KARANG DI ZONA SUBLITORAL PERAIRAN RINON KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR

Sahibul Annas, Samsul Kamal, Nursalmi Mahdi

Abstract


Zona sublitoral Rinon merupakan salah satu kawasan yang memiliki biota perairan yang beragam, bervariasi dan masih alami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui spesies ikan karang yang terdapat di zona sublitoral perairan Rinon Kecamatan Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survey eksploratif dengan membuat garis line transek (transek garis) sepanjang 100 meter yang diletakkan 20 m dari bibir pantai. Estimasi batas ke kiri transek 3 m dan ke kanan 3 m. Pengumpulan data dengan melakukan snorkling dan dokumentasi spesies ikan karang yang teramati dengan menggunakan kamera air (under water camera). Hasil penelitian, ditemukan sebanyak 54 spesies ikan karang dari 23 famili yang berbeda. Spesies ikan karang di zona sublitoral perairan Rinon sangat bervariasi dari segi bentuk maupun warna.

Full Text:

PDF

References


Agus Indarjo, dkk, 2004., “Kondisi Terumbu Karang di Perairan Pulau Panjang Jeparaâ€, Ilmu Kelautan, Vol.9, No.4, Desember.

Nyabakken, 1993., Biologi Laut Suatu Pendekatan Ekologi, Jakarta: Gramedia.

Unstain NWJ Rembet1,dkk, 2011., “Struktur Komunitas Ikan Target Di Terumbu karang Pulau Hogow Dan Putus-Putus Sulawesi Utaraâ€, Jurnal Perikanan dan Kelautan Tropis. Vol. VII-2, Agustus.

Yayat Dhahiyat,dkk, 2003., “Struktur Komunitas Ikan Karang di Daerah Transpalasi karang Pulau Pari, Kepulauan Seribuâ€, Jurnal Iktioogi Indonesia, Vol.3, No.2, Desember.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.