SPESIES IKAN KARANG DI ZONA LITORAL PERAIRAN PULAU RUBIAH KECAMATAN SUKAKARYA KOTA SABANG

May Suzan Syahputri, Aswiana Aswiana, Syah Hamdani

Abstract


Pulau Rubiah adalah sebuah pulau yang terletak di gampong Iboih kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Aceh, Indonesia. Ikan merupakan organisme yang paling melimpah dan beranekaragam didalam kelompok vertebrata perairan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui spesies ikan karang di perairan pulau Rubiah gampong Iboih Kecamatan Sukakarya, Sabang. Penelitian tentang ikan dilakukan pada bulan Juni 2016, menunjukkan hanya beberapa spesies yang ditemukan pada lokasi pengambilan sampel di perairan Pulau Rubiah gampong Iboih. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung pada lokasi pengamatan yaitu survey eksporativ dengan menggunakan line transek (transek garis), pengambilan sampel dilakukan dengan cara menyelam dengan bantuan alatv snorkeling. Berdasarkan hasil penelitian telah diketahui beberapa spesies ikan yang terdapat di perairan Pulau Rubiah sebanyak 11 spesies, antara lain yaitu: Abudefduf vagensis, Abudefduf Saxatilis, Achanturus nigror, Parachanturus hepatus, Odonus nigor, Ecsenius stigmaturata, Scarus vetula, Slcarus schlegi, Clorurus neacanthus, Rabdophorus ephipium, Chaetodon guentheri.

Full Text:

PDF

References


Alfiyah Rahmatin, Dkk., 2009, Studi Variasi Morfometri Ikan Belanak (Mugil Cephalus) Di Perairan Muara Aloo Sidoarjo dan Muara Wonorejo Surabaya, Jurnal Sains Vol.1 , H.1.

Barus T.A dan Hesti wahyiningsih, 2006. Ikhtiologi, Medan: Usu-press, H.103.

Vincentius P. Siregar, Dkk., 2013. Pemetaan Habitat Dasar dan Estimasi Stok Ikan Terumbu dengan Citra Satelit Resolusi Tinggi,Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis, Vol. 5, No. 2,H. 454.

Allen, G.R. 2000. A Field Guide for Anglers and Divers : Marine Fishes of South-East Asia. Periplus Editions, Singapore, H.292.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v5i1.2132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0