JENIS-JENIS COLLEMBOLA DI DESA IBOIH KECAMATAN SUKAKARYA KOTA SABANG

Khairuna Khairuna, Lilis Maida, Rina Muliza, Sunarti Sunarti

Abstract


Desa Iboih merupakan salah satu desa yang terdapat di Kota Sabang dengan kondisi ekosistem yang masih seimbang sehingga mendukung kehidupan Arthropoda tanah, salah satunya adalah Collembola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis jenis Collembola yang terdapat di Desa Iboih Kecamatan Sukakarya Kota Sabang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Purposive sampling dengan menentukan 10 stasiun. Pengambilan sampel di lakukan dengan menggunakan perangkap pitfall trap. Pengamatan dan identifikasi terhadap Collembola hasil tangkapan dilakukan di Laboratorium Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry. Berdasarkan hasil penelitian diketahui beberapa jenis-jenis Collembola yang terdapat di Desa Iboih antara lain yaitu: Arcocyrtus, Chypoderopsis, Coenalestes, Entomobrya comparata, Homidia sp, Isotoma viridis, Oncopodura sp, Papirioides, Pseudoparonella, Tomecerus elongates.

Full Text:

PDF

References


Samsul Ma’arif, dkk., 2014, “Diversitas Serangga Permukaan Tanah pada Pertanian Hortikultura Organic di Banjar Titigalar, Desa Bangli, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan-Baliâ€, Jurnal Biologi, Vol.18, No.1.

Sugiyarto, 2002, “Biodiversitas Hewan Permukaan Tanah Pada Berbagai Tegakan Hutan di Sekitar Goa Jepang, BKPH Nglerak, Lawu Utara, Kabupaten Karanganyarâ€, Jurnal BIODIVERSITAS: Vol. 3, No. 1.

Suhardjono, dkk., 2012, Collembola (Ekor Pegas), Cibubur: Vegamedia.

Susetya, Darma., 2012, Panduan Lengkap Pembuatan Pupuk Organik, Yogyakarta: Pustaka Baru Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.