KEANEKARAGAMAN SPESIES BURUNG DI KAWASAN TAMAN HUTAN RAYA POCUT MEURAH INTAN ACEH BESAR

Azhari Azhari, Samsul Kamal, Elita Agustina

Abstract


Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan merupakan satu kawasan konservasi alam dan sebagai tempat pembelajaran, namun demikian kondisi ini telah berubah sejalan dengan tingginya aktivitas penduduk setempat seperti penebangan liar, alih fungsi hutan, pemburuan satwa liar, dan pembakaran hutan. Hal ini berdampak terhadap keanekaragaman flora dan fauna yang terdapat di kawasan tersebut salah satunya adalah keanekaragaman burung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keanekaragaman spesies burung di Kawasan Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan. Metode yang digunakan adalah metode titik hitung dikombinasikan dengan line transect pada 3 stasiun dengan 8 titik pengamatan. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus indeks keanekargaman dengan rumus Shannon Wiener. Hasil penelitian ini ditemukan 36 spesies burung dari 22 famili. Berdasarkan perhitungan indeks keanekaragaman, diketahui bahwa indeks keanekaragaman burung pada keseluruhan di kawasan Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan tergolong tinggi dengan nilai Ĥ =3.232. Kesimpulan dari penelitian ini adalah burung yang terdapat di Kawasan Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan memiliki spesies burung yang beranekaragam dan dapat dimamfaatkan sebagai media pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Alikodra, H. S. 2002. Pengelolaan Satwaliar, Yayasan Penerbit Fakultas Kehutanan IPB Bogor .

Alikodra, H.S.1980, Dasar-Dasar Pembinaan Margasatwa. Fakultas Kehutanan Instutut Pertanian Bogor.

Dinas Kehutanan Provinsi Aceh. 2006, Indentifikasi Flora dalam Kawasan Tahura Pocut Meurah Intan. Aceh Besar.

Ferianita, M, 2007, Metode Sampling Bioekologi, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kamal, S. Dkk. Keanekaragaman Jenis Burung Pada Perkebunan Kopi Dikecamatan Bener Kelipah Kabupaten Bener Meriah Provinci Aceh , Jurnal Biotik , Vol. 1, No. 2, Ed, September 3013, Hal 75.

Mongabay. 2016. http://www.mongabay.co.id /taman-hutan- raya-pocut-meurah-intan-terbakar-apa-penyebabnya/ (Diakses: 13 Oktober 2016).

Muhdian, P. D. 2006, Keanekaragaman Jenis Burung Pada Beberapa Habitat Di Hutan Lindung Gunung Lumut Kalimantan Timur, (Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor), Hal. 16

Sajithiran, T.M., Jamdhan, S.W., dan Santiapillani, C. 2004. A Comparative Study of The Diversity of Birds in Three Reservoirs in Vavuniya, Srilanka. Srilanka. Tiger Paper. 31(4): 27–32.

USAID, Biodiversity Kawasan Ekosistem Seulawah, Aceh Besar, 2007, hal 19.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.