ANALISIS SOAL PILIHAN GANDA MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK PENERAPAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PESANTREN MODEREN KOTA BANDA ACEH

Ulya Azra, Ismul Huda

Abstract


Penelitian ini menganalisis butir soal ujian materi sistem pernapasan dalam pelajaran biologi pada Pesantren Moderen di Kota Banda Aceh yang bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal ujian ditinjau dari validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya beda butir soal. Penelitian ini menggunakan pendekatan ex post facto nonexperimental quantitative research dengan mengambil populasi siswa kelas XI IPA Inshafuddin dan siswa kelas MIA XI MAS Babun Najah dengan jumlah populasi sebanyak 164 siswa. Pengambilan sampel berdasarkan proporsional sampling yaitu sebanyak 51 dari SMA Inshafuddin dan sebanyak 69 dari MAS Babun Najah. Hasil analisis terhadap 60 butir 30 butir soal (50%) dinyatakan valid dan 30 butir soal (50%) dinyatakan tidak valid. Reabilitas set soal di dapatkan r=0,82 yang berada pada kategori sangat tinggi dengan formula KR 20. Jika ditinjau dari taraf kesukaran soal didapatkan 9 butir soal (15%) dengan kategori mudah, 44 butir soal (73%) katageri soal sedang, dan 7 butir soal (12%) kategori soal sukar. Dilihat dari daya beda, 1 butir soal ( 2%) memiliki daya beda dengan kategori baik sekali, 8 butir soal (13%) memiliki daya beda kategori baik, 21 butir soal (35%) memiliki daya beda kategori cukup, 20 butir soal (33%) yang memiliki daya beda kategori jelek dan 10 butir soal (17%) dengan kategori tidak baik. Set soal pilihan ganda materi sistem pernapasan dapat digunakan untuk penerapan pembelajaran menggunakan media audio visual pada pesantren moderen Kota Banda Aceh

Full Text:

PDF

References


Anderson, L. W., Krathwohl, D. R., & Bloom, B. S. (2005). A taxonomy for learning, teaching, and assessing. Longman.

Ary, D., Jacobs, L., & Sorensen, C. (2010). Introduction to research in education (8th ed.). Cengage Learning.

Davenport, T. H. (1994). Saving IT’s Soul: Human-Centered Information Management. Harvard Business Review, 72(2), 119–131.

Davenport, T. H. (2013). Process innovation: reengineering work through information technology. Harvard Business Press.

Fikriyah, A., Indah, N. K., & Ambarwati, R. (2013). Kelayakan butir soal untuk permainan edukatif pada materi Kingdom Animalia untuk siswa kelas X SMA. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 2(2).

Herr, N. (2008). The Sourcebook for Teaching Science, Grades 6-12: Strategies, Activities, and Instructional Resources. San Francisco: Jossey-Bass.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 103 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta.

Mukhtar, & Martinis. (2007). 10 Kiat Sukses Mengajar di Kelas. Jakarta: PT Nimas Multima.

Purwono, J. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol.2, No.

Quinn, H., Schweingruber, H., & Keller, T. (2012). A framework for K-12 science education: Practices, crosscutting concepts, and core ideas. National Academies Press.

Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Saberan, R. (2012). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan, No. 02:

Saragih, L. E., & Tarigan, R. (2016). Perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif script dan problem based instruction pada materi pokok sistem ekskresi manusia. Jurnal Pelita Pendidikan, 4(2).

Slameto. (1998). Belajar dan Fakfor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Straubhaar, J., LaRose, R., & Davenport, L. (2013). Media now: Understanding media, culture, and technology. Cengage Learning.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Yuhernis dkk. (2014). Pengaruh Podel Discovery Learning Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Rambah Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v5i1.2148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0