TARAF KESUKARAN DAN DISKRIMINASI SOAL UJIAN UNTUK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MADRASAH ALIYAH KOTA BANDA ACEH

Fazrina Fazrina, Ismul Huda

Abstract


Penelitian ini menganalisis butir soal ujian materi sistem ekskresi dalam pelajaran biologi pada Madrasah Aliyah di Kota Banda Aceh yang bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal ujian dari aspek validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya beda butir soal. Penelitian ini menggunakan pendekatan ex post facto nonexperimental quantitative research dengan mengambil populasi siswa kelas XI MAN Banda Aceh 1 dan siswa kelas XI MAS Darul Ulum dengan jumlah sebanyak 208 siswa. Pengambilan jumlah sampel berdasarkan proporsional sampling yaitu sebanyak 70 siswa dari MAN Banda Aceh 1 dan 50 siswa dari MAS Darul Ulum. Hasil analisis terhadap 60 butir soal didapatkan 54 butir soal (90%) dinyatakan valid dan 6 butir soal (10%) dinyatakan tidak valid. Reliabilitas set soal didapatkan r = 0,93 yang berada pada kategori sangat tinggi dengan formula r11. Jika ditinjau dari taraf kesukaran soal didapatkan 1 butir soal (2%) dengan kategori soal mudah, 52 butir soal (87%) kategori soal sedang, dan 7 butir soal (11%) kategori soal sukar. Dilihat dari daya beda, 1 butir soal (2%) memiliki daya beda dengan kategori baik sekali, 20 butir soal (33%) memiliki daya beda kategori baik, 29 butir soal (49%) memiliki daya beda kategori cukup, 8 butir soal (13%) yang memiliki daya beda kategori jelek dan 2 butir soal (3%) dengan kategori tidak baik.

Full Text:

PDF

References


Anderson, L. W., Krathwohl, D. R., & Bloom, B. S. (2005). A taxonomy for learning, teaching, and assessing. Longman.

Ary, D., Jacobs, L., & Sorensen, C. (2010). Introduction to research in education (8th ed.). Cengage Learning.

Davenport, T. H. (1994). Saving IT’s Soul: Human-Centered Information Management. Harvard Business Review, 72(2), 119–131.

Davenport, T. H. (2013). Process innovation: reengineering work through information technology. Harvard Business Press.

Fikriyah, A., Indah, N. K., & Ambarwati, R. (2013). Kelayakan butir soal untuk permainan edukatif pada materi Kingdom Animalia untuk siswa kelas X SMA. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 2(2).

Herr, N. (2008). The Sourcebook for Teaching Science, Grades 6-12: Strategies, Activities, and Instructional Resources. San Francisco: Jossey-Bass.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 103 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta.

Mukhtar, & Martinis. (2007). 10 Kiat Sukses Mengajar di Kelas. Jakarta: PT Nimas Multima.

Purwono, J. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol.2, No.

Quinn, H., Schweingruber, H., & Keller, T. (2012). A framework for K-12 science education: Practices, crosscutting concepts, and core ideas. National Academies Press.

Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Saberan, R. (2012). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan, No. 02:

Saragih, L. E., & Tarigan, R. (2016). Perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif script dan problem based instruction pada materi pokok sistem ekskresi manusia. Jurnal Pelita Pendidikan, 4(2).

Slameto. (1998). Belajar dan Fakfor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Straubhaar, J., LaRose, R., & Davenport, L. (2013). Media now: Understanding media, culture, and technology. Cengage Learning.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Yuhernis dkk. (2014). Pengaruh Podel Discovery Learning Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Rambah Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.