PROBLEMATIKA CALON GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI I DARUL KAMAL ACEH BESAR

Nurasiah Nurasiah

Abstract


Guru merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan setiap upaya pendidikan. Setiap adanya inovasi pendidikan, khususnya dalam kurikulum dan peningkatan sumber daya manusia yang dihasilkan dari upaya pendidikan selalu bermuara pada guru. Hal ini menunjukkan bahwa betapa eksisnya peran seorang guru dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika calon guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan PPKPM Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Indikator kesulitan yang dianalisa meliputi: keterampilan membuka pembelajaran, menjelaskan materi, mengadakan variasi pembelajaran, keterampilan bertanya, memberikan penguatan, pengelolaan kelas dan keterampilan menutup pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif analisis. Subjek penelitian yaitu seluruh mahasiswa PPL pada SMK Negeri 1 Darul Kamal Kabupaten Aceh Besar. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan wawancara. Hasil penelitian disimpulkan bahwa mahasiswa PPL Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh dalam proses pelaksanaan pembelajaran di sekolah pada kegiatan PPKPM masih mengalami kesulitan dengan persentase secara keseluruhan mencapai 69,04% dengan nilai rata-rata kesulitan yang dialami berkisar 19,33. Kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran yang paling menonjol adalah aspek keterampilan mengelola ruang kelas mencapai nilai 79,17% dengan kategori kesulitan. Sedangkan kesulitan yang dialami dalam proses pelaksanaan pembelajaran yang paling rendah yaitu aspek keterampilan menutup pembelajaran dengan nilai 58,33% dengan kategori cukup kesulitan.

Full Text:

PDF

References


Ali, Mohd. 2004. Guru dalam Proses Belajar-Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Mulyasa. 2009. Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rodaskarya.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ridwan. 2011. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sanjaya. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT. Prenata Media Group.

Sudjiono. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rajawali Press.

Usman. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tim Penyusun. 2014. Panduan Akademik dan Penulisan Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry. Banda Aceh: FTK Ar-Raniry Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v5i1.2153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0