KEANEKARAGAMAN SERANGGA PADA POHON DI KAWASAN HUTAN SEKUNDER DESA IBOIH KECAMATAN SUKAKARYA KOTA SABANG

Amalia Nura, Eka Sundari Emda, Julizar Julizar, Samsul Kamal

Abstract


Serangga pohon merupakan salah satu kelompok serangga dari seluruh keanekaragaman serangga yang ada di alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman serangga pada pohon di kawasan hutan sekunder Desa Iboih Kecamatan Sukakarya Kota Sabang. Metode penelitian ini adalah metode survey deskriptif dengan cara pengamatan langsung terhadap serangga-serangga yang ada pada beberapa pohon di kawasan hutan sekunder, dengan dibagi ke dalam tiga plot. Pada setiap plot, serangga diambil dan dimasukkan ke dalam botol sampel sesuai bagian tumbuhan. Hasil pengamatan diperoleh sebanyak 15 individu serangga yang termasuk ke dalam 4 spesies, 4 famili dan 3 ordo. Mayoritas serangga yang diperoleh adalah laba-laba (Envia garciai) dan kecoa (Periplaneta sp.), sedangkan serangga yang paling sedikit diperoleh adalah kepik (Nezara viridula). Nilai indeks keanekaragaman jenis (H’) sebesar 1,32 dan dapat diartikan bahwa tingkat jenis keanekaragaman serangga pada pohon di hutan sekunder Desa Iboih tergolong sedang.

Full Text:

PDF

References


Araz Meilin, 2016, Serangga dan Peranannya dalam Bidang Pertanian dan Kehidupan, Jurnal Media Pertanian, Vol. 1, No. 1.

Borror D.J dan De Long D.M. 1998. An Introduction to the Study of Insect. Sounders College Publishing.

Dewi Sartika, 2016, Potensi Serangan Hama Kepik Hijau Nezara viridula L. (Hemiptera: Pentatomidae) dan Hama Kepik Coklat Riptortus linearis L. (Hemiptera: Alydidae) pada Tanaman Kedelai di Rumah Kassa, Jurnal Agroekoteknologi, Vol, 4, No. 3

Little, F.A. 1957. General And Applied Entomology. Texas: Texas University.

Nety Virgo Erawati, 2010, Keanekaragaman dan Kelimpahan Belalang dan Kerabatnya (Orthoptera) pada Dua Ekosistem Pegunungan di Taman Nasional Gunung Halimun-Salak, Jurnal Entomol. Indon, Vol. 7, No. 2.

Noor Farikhah, 2013, Keanekaragaman Serangga di Ekosistem Mangarove, Jurnal Silvikultur Tropika, Vol. 4, No, 1.

Yogama Tetrasani, 2012, Keanekaragaman Serangga pada Perkebunan Apel Semi Organik dan Anorganik Desa Poncokusumo Kabupaten Malang, Jurnal Ekologi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.