PENGETAHUAN DAN TINGKAT KEPEDULIAN SISWA SMAN TERHADAP ORANGUTAN SUMATERA (Pongo abelii) DI KAWASAN TAMAN BURU LINGE ISAQ KABUPATEN ACEH TENGAH

Rafika Dewi, Nursalmi Mahdi, Samsul Kamal

Abstract


Sumatera memiliki beberapa kawasan konservasi satwa termasuk orangutan. Salah satu kawasan tersebut adalah Taman Buru Linge Isaq yang berada di Kecamatan Linge, Kabupaten Aceh Tengah. Kawasan ini merupakan kawasan konservasi sejak 1 Februari 1978 melalui surat keputusan Menteri Pertanian dengan luas kawasan seluas 80 ribu hektar. Namun, kawasan ini belum dikelola secara optimal. Akibatnya kawasan ini pun dirambah oleh masyarakat.Tujuan penielitian ini; untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan tingkat kepedulian siswa SMAN terhadap orangutan Sumatera (Pongo abelii) di Kawasan Taman Buru Linge Isaq Kabupaten Aceh Tengah. Jenis rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, deskriptif kualitatif dan kuantitatif (Formulasi Guildford). Pengumpulan data dengan melakukan wawancara dengan guru dan penyebaran angket kepada siswa SMAN terhadap orangutan Sumatera (Pongo abelii) di Kawasan Taman Buru Linge Isaq Kabupaten Aceh Tengah.Hasil penelitian,diketahui bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara pengetahuan dan tingkat kepedulian siswa terhadap orangutan Sumatera (Pongo abelii).

Full Text:

PDF

References


Abidinsyahdalam Femilia, dkk., 2014, “Penerapan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Metode Inkuiri Terhadap Sikap dan Perilaku Siswa pada Materi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan di SMP Negeri 6 Banda Acehâ€, Jurnal Biotik, ISSN: 2337-9812, Vol. 2, No. 1.

Agus, dkk., 2013, “Analisis Kerugian Ekonomi serta Pengetahuan Masyarakat terhadap Konflik Orangutan Sumatera (Pongo abelii)â€, Jurnal Biodeversitas, Vol. 1, No. 1.

Anas Sudijono, 2005, Statistik Pendidikan, Jakarta: Pt. Raja Grafindo.

Hasil Wawancara dengan Siswa SMAN 13 dan SMAN 18 Takengon di sekitar Kawasan Taman Buru Linge Isaq pada Tanggal 8 September 2016 di Kecamatan Linge Kabupaten Aceh Tengah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.