KEMAMPUAN ANALISIS ISU SUSTAINIBILITY SISWA SEKOLAH MENENGAH PHARMASI SEMARANG JAWA TENGAH

Prasetyo Prasetyo

Abstract


Manusia dengan beragam aktivitasnya berdampak pada penurunan kualitas lingkungan hidup. Menanamkan pemahaman lingkungan hidup dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya melalui pembelajaran perlu dihadirkan isu-isu yang relevan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan siswa dalam melakukan analisis isu-isu sustainibility yang meliputi tiga ranah yaitu lingkungan, sosial budaya dan ekonomi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan populasi siswa Sekolah Menengah Pharmasi kelas X dan kelas XI, teknik pengambilan sampel dengan menerapkan purposive sampling dengan instrumen penelitian adalah adaptasi dari instrumen MSELS, analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, menyimpulkan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan melakukan analisis isu sustainibility siswa kelas X pada ranah sosial dan lingkungan pada kategori sangat kurang dan ranah ekonomi pada kategori sangat baik, sedangkan kelas XI kemampuan analisis isu ranah sosial pada kategori sangat kurang, pada ranah lingkungan dan ekonomi pada kategori baik.

Full Text:

PDF

References


Abrauw,A.E.S.(2011). Perilaku Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Anorganik di Kecamatan Abepura Kota Jayapura, 25(1), 1–14.

Haske, A. S. (2016). Penerapan e-learning Berbasis Moodle dalam Pembelajaran Ekosistem untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa Kelas X Pada Program Pengayaan (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Hermawan, Y. (2015). Hubungan antara Tingkat Pendidikan dan Persepsi dengan Perilaku Ibu Rumah Tangga dalam Pemeliharaan Kebersihan Lingkungan. Bumi Lestari, 5(2), 1-15.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. 2016. Status Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Sumatera Barat 2015. Bapedalda Provinsi Sumatera Barat.

Pemerintah Kota Balikpapan. 2015. Status Lingkungan Hidup Kota Balikpapan 2015. Bapedalda Kota Balikpapan.

Pemerintah Kabupaten Bantul. 2017. Laporan Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Bantul Tahun 2016. Bapedalda Kota Bantul.

Puslitjak. 2010. Model Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (Education for Sustainable Development/ESD) melalui Kegiatan Intrakurikuler. Pusat Penelitian Kebijakan, Balitbang, Kemdiknas: Jakarta.

Rahmawati, N. A., & Suyanto, T. (2016). Kepemimpinan Kepala Desa Jombangdelik Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik dalam Mendorong Partisipasi Masyarakat pada Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 2(4).

Undang-undang No. 32 Tahun 2009 tentang Lingkungan Hidup

Vatria, B. (2013). Berbagai kegiatan manusia yang dapat menyebabkan terjadinya degradasi ekosistem pantai serta dampak yang ditimbulkannya. Jurnal Belian 9 (1), 47-54.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.