KAJIAN ETNOBOTANI MELALUI PEMANFAATAN TANAMAN OBAT DI DESA REMA KECAMATAN BUKIT TUSAM KABUPATEN ACEH TENGGARA

Safryadi. A Safryadi. A, Aisyah. R Nasution, Mahdalena Mahdalena

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tanaman obat serta cara pemanfaatannya dalam penyembuhan suatu penyakit berdasarkan kebiasaan masyarakat di Desa Rema Kecamatan Bukit Tusam Kabupaten Aceh Tenggara. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan sampel dilakukan di area pekarangan rumah warga dan perkebunan masyarakat Desa Rema Kecamatan Bukit Tusam Kabupaten Aceh Tenggara. Pengambilan sampel didasarkan pada kebiasaan sebagian masyarakat menggunakan tanaman berkhasiat obat yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Hasil penelitian ini diketahui bahwa terdapat 41 jenis tanaman, yaitu: sirih; melati putih; cocor bebek; jambu biji; sukun; manggis; bawang merah; pisang batu; jahe; alang-alang; kunyit; lengkuas; kencur; jarak; papaya; pacar cina; gandarusa; rimbang; pinang; pandan duri; ubi kayu; sirsak; katuk; cabe rawit; jeruk nipis; jeruk purut; sawo; serai; jagung; alpukat; kemiri; kumis kucing; nangka; kemangi; benalu; belimbing wuluh; mahkota dewa; kelor; mengkudu; keladi dan terong. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) terdapat 41 jenis tanaman berkhasiat obat; 2) bagian tanaman yang dimanfaatkan sebagai obat meliputi: bagian akar, batang, daun, bunga, buah, biji, umbi dan rimpang; dan 3) pemanfaatan tanaman obat oleh masyarakat Desa Rema Kecamatan Bukit Tusam Kabupaten Aceh Tenggara, adalah sebagai alternatif pengobatan keluarga secara herbal dan tradisional

Full Text:

PDF

References


Abdiyani, S. 2008. Keanekaragaman Jenis Tumbuhan Obat Berkhasiat Obat di Dataran Tinggi Dieng. Surakarta: Balai Penelitian Kehutanan Solo.

Agoes, A., 2010. Tanaman Obat Indonesia. Jakarta: Salemba Medika.

Apryanto, 2015. Studi Etnobotani Tumbuhan Obat Suku Seko di Desa Tanah Harapan Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah. Jurnal Biocelebes. Vol. 9. No. 2. Desember 2015.

Dalimartha, S. 2003. Ramuan Tradisional untuk Pengobatan Kanker. Jakarta: PT. Penebar Swadaya.

Hanbali, E. 2007. Jarak Pagar Tanaman Penghasil Biodesel. Jakarta: PT. Penebar Swadaya.

Kuncoro, DM., 2008. Mengenal Tumbuh-tumbuhan Berkhasiat Obat. Jakarta: CV. Amalia.

Mursito, B., 2005. Tanaman hias Berkhasiat Obat. Jakarta: Penebar Swadaya.

Permadi, A., 2006. Tanaman Obat Pelancar Air Seni. Jakarta: Penebar Swadaya.

Ramadhani, 2012. Studi Etnobotani Komparatif Tumbuhan Rempah yang Bernilai Sebagai Obat di Desa Tombi Kecamatan Ampibabo Kabupaten Parigi Montung Sulawesi Tengah. Jurnal Biocelebes. Vol. 6 No. 2. 5 Desember 2016.

Siswoyo, 2007. Tumbuhan Berkhasiat Obat. Yogyakarta: Absolut


Refbacks

  • There are currently no refbacks.