PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAANDI SMPN 1 DARUSSALAM
DOI:
https://doi.org/10.22373/pbio.v5i1.2188Abstract
Kondisi pembelajaran di SMPN 1 Darussalam Selama proses pembelajaran siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi karena guru hanya menggunakan metode konvensional dan media yang digunakan belum bervariasi. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimanakahpengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan quasi eksperimen. Analisis data menggunakan uji t. Data hasil pre-test kelas eksperimen yaitu 52,63 dan nilai pos-test yaitu 78,8 sedangkan data hasil pre-test kelas kontrol 33,57 dan nilai pos-test yaitu 50, terlihat dimana thitung > ttabel yaitu 2,37 > 1,98.Hasil belajar siswa di kelas eksperimen dengan penggunaan median animasi lebih tinggi dari pada di kelas kontol yang belajar secara konvensional.References
Emda, A. 2011. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Biologi di Sekolah, Jurnal Ilmiah Didaktika, vo 12/no 1.
Hasil Wawancara Dengan Guru Bidang Studi Biologi SMP 1 Darussalam, Tanggal 11 mei 2016
Rusdianto. 2008. Pengaruh Penggunaan Media Animasipada Model Pembelajaran Langsung terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MA Negeri Model Makassar pada Konsep Sistem Pencernaan Skripsi. Makassar: Fakultas Matema-tika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar.
Satandar Ketuntasan Hasil Belajar Biologi Siswa Di SMP 1 Darussalam
Sudjana, N. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
2018-04-05
Issue
Section
Articles