PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI DALAM SMARTPHONE PADA MATERI SISTEM KEKEBALAN TUBUH MANUSIA UNTUK SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH

Sultia Linika Sari, Anton Widyanto2 Widyanto, Samsul Kamal

Abstract


Beberapa materi biologi ada yang bersifat abstrak seperti materi sistem kekebalan tubuh pada manusia sehingga tergolong sulit bagi siswa untuk mempelajarinya. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah media pembelajaran untuk membantu siswa mempelajari materi sistem kekebalan tubuh. Selain itu, banyak kalangan siswa SMA tertarik menggunakan smartphone, sehingga smartphone dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran untuk pembelajaran yang menyenangkan. Berdasarkan uraian tersebut maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan mengembangkan serta mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis video animasi yang dijalankan pada smartphone. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (research and development/R&D). Pengumpulan data dilakukan sesuai dengan tahapan pengembangan 4D (Four D model) yang dilaksanakan 3 tahap yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Pengumpulan data kelayakan media dilakukan dengan menggunakan lembar angket. Data hasil angket dianalisis menggunakan rumus presentase dan dideskripsi secara kualitatif dengan menginterpretasikan ke dalam ukuran kriteria penilaian kelayakan media. Hasil pengembangan media dilakukan melalui analisis kurikulum, analisis siswa, analisis media, membuat rancangan media, membuat media, menguji kelayakan media kepada ahli materi dan ahli media, revisi media sesuai komentar dan saran ahli, serta menguji kelayakan media kepada guru biologi dan siswa SMA kelas XI. Hasil presentase kelayakan media oleh ahli materi 87% dengan kategori sangat layak, hasil presentase kelayakan media oleh ahli media 70% dengan kategori layak. Sedangkan hasil presentase kelayakan oleh guru biologi 84% dengan katergori layak, dan hasil presentase kelayakan siswa 73% dengan kategori layak. Berdasarkan hasil presentase ini dapat disimpulkan bahwa media video animasi dalam smartphone pada materi sistem kekebalan tubuh manusia layak digunakan untuk siswa SMA kelas XI

Full Text:

PDF

References


Amarullah, Amril. 2014. Indonesia Terbesar di Dunia Pengguna Ponsel Pintar. Diakses pada tanggal 6 Juni dari situs: http://techno.okezone.com/read/2014/06/05/57/994499/indonesia-terbesar-di-dunia-pengguna-ponsel-pintar.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pratik. Jakarta: Rineka Cita.

Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Cahyadi, Dede. 2014. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flash Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Pokok Bahasan Wujud Zat dan Perubahannya Kelas VII SMP N 5 Satu Atap Bumijawaâ€. Skripsi. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Campbell, Neil A., dkk. 2010. Biologi Edisi Kedelapan Jilid 3. Jakarta: Erlangga.

Chuzaimah, dkk. 2010. “Smartphone : Antara Kebutuhan dan E-Lifestyleâ€, Seminar Nasional Informatika.

Gustinawati, Ana. 2014. “Pemanfaatan Media Video Animasi Terhadap Pemahaman Konsep Siswaâ€. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

http://elfarafit.blogspot.co.id/2012/04/sistem-immun.html diakses pada 23 April 2012.

http://www.mandalamaya.com/pengertian-gadget/ diakses pada 12 Agustus 2014.

http://www.sridianti.com/organ-sistem-kekebalan-tubuh.html diakses pada 8 Maret 2016.

https://alkafyuone.wordpress.com/tag/inflamasi/ diakses pada 27 Mei 2013.

Listiaji, Prasetyo. 2015. “Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Sebagai Penunjang Pembelajaran Fisika Pada Materi Hukum Gravitasi Newton Untuk Siswa SMAâ€. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Maunah, Binti. 2009. Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Teras.

Mulki, Saidatul. 2013. “Pengaruh Media Film Animasi Terhadap Pemahaman Konsep Siswaâ€. Skripsi. Banda Aceh: Institut Agama Islam Negeri Ar-Raniry.

Nisa, Choirun. 2014. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Menggunakan Multisim10 Simulations Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar di SMA Negeri 7 Surabayaâ€. Jurnal Pendidikan Elektro, Vol. 03, No. 02.

Nuryani R, dkk. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Parker, Steve. 2009. Ensiklopedia Tubuh Manusia. Jakarta: Erlangga.

Pohan, Rusdin. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Banda Aceh: Ar-Rijal Institute.

Repi, Fransiskus Tuli. 2015. “Penggunaan Media Animasi Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kasihan Bantul Pada Materi Sistem Saraf Pada Manusia â€. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Riyana, Cepy. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama RI.

Safitri, Indah Kurnia, dkk. 2015. “Kelayakan Teoritis Media Animasi Interaktif Electronic Game Flash Sirkulasi Manusiaâ€. Jurnal BioEdu. Vol. 4. No. 3.

Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada.

--------. 2013. Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana.

Setiawan, Ebta , Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi online, dari situs: http://kbbi.web.id/kembang.

Shihab, M. Quraish. 2007. Tafsir Al-Mishbah Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Tangerang: Lentera Hati.

Sloane, Ethel. 2004. Anatomi dan Fisiologi untuk Pemula. Jakarta: EGC.

Smaldino, Sharon E. 2012. Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana.

Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaifuddin. 2013. Fisiologi Tubuh Manusia. Jakarta: Salemba Medika.

Taufiq, Abd. Rahman. 2013. “Pengembangan Media Pembelajaran Sains Biologi Adobe Flash untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII pada Materi Sistem Pencernaanâ€. Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.