ANALISIS VEGETASI TUMBUHAN MENGGUNAKAN METODE TRANSEK GARIS (LINE TRANSEK) DI HUTAN SEULAWAH AGAM DESA PULO KEMUKIMAN LAMTEUBA KABUPATEN ACEH BESAR

Muslich Hidayat, Laiyanah Laiyanah, Nanda Silvia, Yenni Aulia Putri, Nurul Marhamah

Abstract


Tumbuhan merupakan organisme autotrof yang dapat menghasilkan bahan organik untuk keperluan hidupnya dan menjadi ujung rantai makanan bagi beragam jenis organisme heterotof. Hutan seulawah agam merupakan hutan hujan tropis yang terletak di Kawasan Seulawah Agam Desa Pulo, Kemukiman Lamteuba, Kabupaten Aceh Besar. Di dalam hutan ini terdapat berbagai jenis tumbuhan yang sangat berguna bagi sumber kehidupan makhluk hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman, mengidentifikasi dan menganalisa komposisi jenis, tumbuhan, peranan, penyebaran, dan struktur pohon dari vegetasi hutan. Penelitian dilakukan pada tanggal 22 Mei 2016 melalui observasi langsung. Pengambilan data dilakukan dengan metode line transect. Dari hasil pengambilan data, ditemukan 44 spesies tumbuhan kepadatan terbanyak didominasi oleh tumbuhan waru (Hibiscus tiliaceus) nilai kerapatan relatif (KR) 101,9736852% hasil tersebut menunjukkan tidak ada jenis tumbuhan yang mendominasi wilayah tersebut. Sehingga tumbuhan di wilayah tersebut, tergolong sangat bervariasi.

Full Text:

PDF

References


Fachrul, M., 2007. Metode Sampling Bioekologi, Indonesia: Bumi Aksara.

Indriyanto, 2006. Ekologi Hutan, Jakarta: Bumi Aksara.

Sada,T.J. dan Rosye H.R.T. 2010. Keragaman tumbuhan Obat Tradisional di Kampung Nasfori Distrik Supiori Utara, Kabupaten Supiori Papua, Jurnal Biologi Papua, 2(2): 39-46. Universitas Cenderawasih.

Supriyanti, L. 2014. Studi Etnobotani jeni-jenis Tumbuhan Obat oleh masyarakat Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu sebagai sumber belajar Biologi SMP. Universitas Bengkulu.

Wardiah. 2015. Etnobotani Medis Masyarakat Kemukiman Pulo Breueh Selatan Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Edu Bio Tropika, 3(1) : -50. Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.