JENIS-JENIS TERUMBU KARANG DI PULAU RUBIAH KOTA SABANG

Fajar Rusman, Liza Utami, Yeni Wahyuni, Najmul Falah

Abstract


Penelitian dilakukan di Pulau Rubiah yang dikenal sebagai surganya taman laut karena bentuknya yang seperti akuarium raksasa. Pengamatan jenis-jenis terumbu karang dilakukan secara survey eksploratif dengan mengamati secara langsung, selanjutnya terumbu karang dan didokumentasikan dengan menggunakan kamera bawah air. Identifikasi jenis-jenis terumbu karang dilakukan di Laboratorium Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Pulau Rubiah ditemukan beragam jenis terumbu karang yang digolongkan dalam 4 famili, 6 genus dan 11 spesies. Berdasarkan pengukuran faktor fisik kimia diketahui derajat keasaman (PH) 7.7, suhu air 25oC dan salinitas 35 ‰.

Full Text:

PDF

References


Burke, et. al. 2002. Terumbu Karang yang Terancam di Asia Tenggara. Amerika Serikat: World Resource Institute.

Fadli, N., dkk. 2012. Komposisi Ikan Karang di Lokasi Transplantasi Karang di Pulau Rubiah, Kota Sabang, Aceh. Jurnal Depik. Vol. 1, No. 3.

Nontji, A. 2005. Laut Nusantara. Jakarta: Djambatan.

Nybakken. 1988. Biologi Laut, Jakarta: Gramedia.

Rudi, E. 2013. Penilaian Sumber Daya Terumbu Karang dan Persepsi Masyarakat tentang Daerah Perlindungan Laut di Ujong Pancu, Aceh Besar. Jurnal Biospecies. Vol. 6, No. 2.

Wibowo. 1996. Biologi Laut. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v5i1.2199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0