PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIN LAMTAMOT ACEH BESAR

Aida Oktariza, Misbahul Jannah, Darmiah Darmiah

Abstract


Penggunaan model yang tepat dalam proses belajar mengajar akan menjadikan suasanan belajar yang menyenangkan. Dalam proses belajar mengajar, seorang guru diharapkan dapat memberikan pengajaran yang mudah dipahami oleh siswa. Untuk itu perlu diterapkan suatu pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dan dapat menyelesaikan permasalahan dalampembelajaran IPA. Salah satu model yang digunakan dalam pelajaran IPA adalah model Kooperatif Tipe Think Pair Share. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dengan menggunakan model kooperatif tipe think pair share, (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe think pair share, (3) Untuk hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe think pair share pada materi sumber daya alam kelas IV semester Genap. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas IV MIN Lamtamot Aceh Besar tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 24 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi (guru dan siswa) dan soal tes hasil belajar dengan menggunakan analisis rumus persentase. Berasarkan hasi analisis data penelitian didapatkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus I sebesar 57,77% berada pada katagori cukup, dan meningkat pada siklus II sebesar 73% (katagori baik), (2) Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 58,88% berada pada katagori cukup, dan meningkat pada siklus II sebesar 72% (katagori baik), (3) Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 66,66% katagori cukup, dan meningkat pada siklus II sebesar 83,33% (katagori baik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada pelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIN Lamtamot Aceh Besar sudah tercapai.

Full Text:

PDF

References


Abrauw,A.E.S. 2011. Perilaku Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Anorganik di Kecamatan Abepura Kota Jayapura, 25(1), 1–14.

BNSP, 2006, Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

Darsono, max, dkk, 2000. Belajar dan pembelajaran, Semarang, IKIP semarang –press.

Mulyasa, 2004 Implementasi Kurikulum Panduan Pembelajaran KBK, Bandung : Remaja Rosdakara,.

M. Dalyono. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Mansur Muslich. 2013. Melaksanakan PTK Itu Mudah (Classroom Action Research) Pedoman Praktis Bagi Guru Profesional, (Jakarta: Bumi Aksara)Nana Sudjana, 1984 Metode Statistik, Bandung: Tarsito.

Nana Sudjana. 1990. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Rosdakarya

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran, Bandung : Alfabeta.

Ridhwan. 2016. “Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar peserta didik Pada Materi Peninggalan Sejarah Di Kelas V Min Miruk Aceh Besarâ€, Skripsi, Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Uin Ar-Raniry.

Suyadi. 2013. Panduan Peneliti Tindakan Kelas, Jogjakarta: Diva Press.

Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar Disekolah, Jakarta : Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.