PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV MIN TUNGKOP ACEH BESAR

Reza Safitri, Misbahul Jannah, Sri Mutia

Abstract


Pembelajaran IPA merupakan proses membelajarkan peserta didik dalam mempelajari peristiwa yang terjadi di alam melalui serangkaian proses ilmiah sehingga tercapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Pembelajaran IPA tersebut digunakan untuk mengembangkan potensi sikap, berpikir, berperilaku dan supaya dapat mengembangkan keterampilan dasar yang terdapat pada diri peserta didik. Peningkatan hasil belajar peserta didik sangat dipengaruhi oleh suatu model atau Pendekatan pembelajaran yang diterapkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Salah satu pendekatan yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah pendekatan saintifik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas peserta didik, serta hasil belajar peserta didik dengan menggunakan pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subjek peserta didik kelas IV-4 MIN Tungkop Aceh Besar tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 37 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi (guru dan peserta didik) dan soal tes hasil belajar dengan menggunakan analisis rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa aktivitas guru pada siklus I sebesar 72% berada pada katagori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 85% (katagori sangat baik). Selanjutnya aktivitas peserta didik pada siklus I sebesar 69% berada pada katagori (baik) dan pada silkus II mengalami peningkatan sebesar 82% (katagori sangat baik). Sedangkan hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 64,86% berada pada kategori cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 86% berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas IV MIN Tungkop Aceh Besar. Dengan demikian diharapkan agar penelitian selanjutnya dapat menggunakan pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA.

Full Text:

PDF

References


Almanyanis. 2013. pembelajaran dengan pendekatan saintifik (http//www almanyahnis.com/2013 diakses 18 April 2016).

Abdullah Sani, dkk. 2013. Pembelajaran Saintifik untuk Kurikulum. Jakarta : Bumi Aksara.

Ali Imron. 2012. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Anas Sudijono. 2014. pengantar statistic penddikan, Jakarta : Raja Grafindo.

BNSP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

Bakharuddin. 2013. Pendekatan Scientifik

Darsono, max, dkk. 2000. Belajar dan pembelajaran, Semarang, IKIP semarang –press .

Desi Ambarsari. 2017. Implementasi Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampila Mengkomunikasikan dan Prestasi Belajar Ipa peserta didik Kelas IV Sd. Diakses 1 Mei 2017

Depdiknas. 2006 Kurikulum 2013. Jakarta : BNSP.

Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi III, Jakarta : balai pustaka.

Ika maryani dkk. 2015. Pendekatan scientific dalam pembelajaran dasar, Yogyakarta : deepublish.

Daryanto. 2001. Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Reneka Cipta.

M. Hosnan. 2013. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21, 2013. Bogor : Ghalia Indonesia.

Meleong Lexy. 2006. Metode penelitian kualiitatif. Bandung : remaja cipta rosda karya.

Mulyasa. 2004. Implementasi Kurikulum Panduan Pembelajaran KBK, Bandung : Remaja Rosdakara.

M. Dalyono. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Mansur Muslich. 2013. Melaksanakan PTK Itu Mudah (Classroom Action Research) Pedoman Praktis Bagi Guru Profesional, Jakarta: Bumi Aksara.

Nikmaul Fauzah. 2017. Persepsi peserta didik terhadap guru dalam penggunaan pendekatan saintifik dan pengaruhnya terhadap hasil belajar, Diakses 1 Mei 2017.

Nana Sudjana. 1984. Metode Statistik, Bandung: Tarsito.

Nana Sudjana. 1990. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung : Rosdakarya.

Permendiknas. 2006. Standar Isi. Jakarta: BNSP.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran, Bandung : Alfabeta.

Riyanto, Yatim. 2010. Metodologi penelitian, Surabaya : SIC .

Suyadi. 2013. Panduan Peneliti Tindakan Kelas, Jogjakarta: Diva Press.

Usman Samatowa. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, Jakarta : PT Indeks.

Widian Eni Novianti Dkk. 2017. Pengaruh Aktivitas Terhadap Hasil Belajar Ipa Melalui Scientific Approach, Lampung : FKIP Unila, 2013, diakses 28 April 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v5i1.2210

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v5i1.2210.g1652

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0