ANALISIS MORFOLOGI CANGKANG NERITIDAE DI EKOSISTEM MANGROVE SUNGAI REULEUNG LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR

Muhammad Ali Sarong, Asri Mursawal

Abstract


Penelitian ini dilakukan di kawasan ekosistem mangrove Sungai Reuleung Kecamatan Leupung Kabupaten Aceh Besar, pada Bulan April 2016. Tujuan penelitian adalah (1) menganalisis perbandingan ukuran morfologi body whorl dengan spire cangkang masing-masing anggota Neritidae, dan (2) mengkaji karakteristik utama cangkang yang dimiliki masing-masing spesies dari Neritidae di kawasan ekosistem mangrove Sungai Reuleung Leupung Kabupaten Aceh Besar. Pengambilan spesies anggota Neritidae dari dari tiga stasion kawasan ekosistem mangrove Sungai Reuleung Leupung Kabupaten Aceh Besar, menggunakan metode sampling. Anggota Neritidae yang diambil dari kawasan penelitian diklasifikasi ke dalam spesies masing-masing, lalu setiap spesies diamati morfologi cangkang. Analisis morfologi dan karakteristik masing-masing cangkang dilakukan secara deskriptif. Hasil diperoleh adalah (1) Perbandingan ukuran morfologi bodi whorl dengan spire anggota Neritidae di ekosistem mangrove Sungai Reuleung Leupung rata-rata 3:1, dan (2) karakteristik spesies anggota Neritidae diantaranya warna cangkang hitam, kuning, coklat dan merah, warna spire hitam dan coklat, body whorl ceper dan bulat, dan operculum oval. Kesimpulan diperoleh adalah (1) Ukuran Body whorl jauh lebih panjang jika dibandingkan dengan spire pada masing-masing spesies anggota Neritidae di kawasan ekosistem mangrove Sungai Reuleung Leupung Kabupaten Aceh Besar, dan (2) Terdapat karakteristik utama setiap cangkang masing-masing spesies dari Neritidae yang hidup di kawasan ekosistem mangrove Sungai Reuleung Leupung Kabupaten Aceh Besar.

Full Text:

PDF

References


Dharma, B. 2005. Indonesia Shells. Jakarta: PT Ikrar Mandiriabadi Indonesia

Dharma, B. 1988. Siput dan Kerang Indonesia. Jakarta: PT Sarana Graha.

Marwoto, R.M., Nur, M., Isnaningsih, Nova, M., Haryanto. 2011. Keong Air Tawar Pulau Jawa (Moluska, Gastropoda). Bogor: LIPI.

Munandar, A., dan Susilowati, P. 2003. Keong dari Taman Nasional Gunung Halimun. Cibinong: JICA Biodiversity Conservation Project.

Mursawal, A. 2015. Makrozoobenthos di Kawasan Terlindung dan Tidak Terlindung Perairan Krueng Reuleung Leupung Kabupaten Aceh Besar. Banda Aceh: Fakultas Kelautan dan Perikanan .

Sarong, M.A., Asiah,. dan Mimie, S. 2015. Analisis struktur umur dan teknik penetapan Geloina erosa Layak panen sebagai upaya konservasi di kawasan mangrove Perairan payau Sungai Reuleng Leupung Kabupaten Aceh Besar. Banda Aceh: Lembaga Penelitian Universitas Syiah Kuala.

Sarong, MA., M. Boer, R. Dahuri, Y. Wardiatno dan M. Kamal. 2010a. Pengambilan Kerang Mangrove Geloina yang Ramah Lingkungan Dalam Masyarakat Leupung Kabupaten Aceh Besar. J. Moluska Indonesia: (I) 59-64.

Sarong, MA., M. Boer, R. Dahuri, Y. Wardiatno dan M. Kamal. 2010a. Pengelolaan Kerang Mangrove Geloina erosa Berdasarkan Aspek Biologi di Kawasan Pesisir Barat Kabupaten Aceh Besar. Disertasi. Bogor: Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

Suwignyo, S. 2005. Avertebrata Air. Bogor: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v4i1.2523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0