KOMPOSISI JENIS DAN KEPADATAN POPULASI PORIFERA DI KAWASAN KONSERVASI SUBLITORAL RINON PULO BREUH KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR

Fastawa Fastawa, Zakiyul Fuad, Fakhri Yacob, Fannia Hidayati

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan informasi mengenai jenis-jenis Porifera dan kepadatannya di kawasan konservasi sub litoral Rinon, Pulo Breueh. Metode yang digunakan adalah metode Belt Transect (Transek Sabuk), dengan panjang 100 meter dan lebar 5 meter. Kedalaman air ± 7 meter. Porifera mulai dijumpai pada kedalam 5 meter. Jumlah spesies Porifera yang teramati pada penelitian ini adalah 27 spesies yang merupakan representasi dari 1 kelas Demospongia dan 3 famili yaitu Callyspongiidae (15 spesies), Chondrilidae (5 spesies), Clionaidae (7 spesies). Komposisi dan Kepadatan Porifera pada kawasan tersebut adalah 3 family dengan kepadatan 0,11 ind/m2. Kesimpulan yang dapat diperoleh adalah kepadatan dan jenis-jenis Porifera di kawasan konservasi sub litoral Rinon Pulo Breueh termasuk kategori rendah. Hal ini dipengaruhi oleh faktor kegiatan masyarakat pada awalnya yang melakukan pengeboman untuk mencari ikan, sehingga merusak biota laut yang ada sebelumnya.

Full Text:

PDF

References


Barnes, D.K.A. (1999) High diversity of tropical intertidal-zone sponges in temperature, salinity and current extremes. Afr. J. Ecol. 37, page. 424-434.

Iwenda Bella Subagio, Aunurohim. Struktur Komunitas Spons Laut (Porifera) di Pantai Pasir Putih, Situbondo. Jurnal Sains dan Seni Pomits Vol. 2(2),( Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, ITS, Surabaya, 2013) hal : 159.

Rahmuddin. 2009. Populasi Owa Jawa (Hylobates molojh Audebert 1979 di Hutan Lindung Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat. Bogor: Sekolah Pascasarjana IPB.

Reseck, J. Jr. 1988. Marine Biology. Second Edition. A Reston Book. Prentice Hail, Englewood Cliff., New Jersey.

Romihmohtarto, K. dan Juwana S. 1999. Biologi Laut. Ilmu Pengetahuan tentang Biota Laut. Pusat Penelitian dan Pengembangan Oseanologi - LIPI. Jakarta. hlm 115 – 128.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v4i1.2527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0