JENIS-JENIS COLLEMBOLA DI KAWASAN RINON PULO ACEH

Ansari Ansari, Awawin Imamah Akhyar, Nurmi Nurmi, Firman Rija Arhas

Abstract


Kawasan Rinon merupakan salah satu kawasan yang memiliki hutan sekunder dengan kondisi ekosistem yang masih seimbang sehingga mempunyai keanekaragam flora dan fauna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis Collembola di kawasan Rinon Pulo Aceh. Penelitian ini menggunakan metode Purposive Sampling dengan menentukan 6 stasiun pengamatan. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan perangkap jebak (pitfall trap). Pengamatan dan identifikasi jenis-jenis Collembola dilakukan di Laboratorium Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 9 jenis Collembola yaitu Entamobrya sicia, Entamobrya nivalis, Pseudonella sp, Isotomurus tricolor, dan Tomocerus elongatus, Pseudonella theodoridasi, Latriopega longiseta, Pseudosinella moidavica. Jenis Collembola yang paling banyak ditemukan adalah jenis Isotomurus tricolor dengan jumlah 179 individu sedangkan Collembola yang paling sedikit ditemukan adalah jenis Tomocerus elongatus dengan jumlah 13 individu. Indeks keanekaragaman yang diperoleh adalah H’= 1,96 dan berdasarkan kriteria yang digunakan bahwa keanekaragaman Collembola di kawasan Rinon Pulo Aceh tergolong sedang.

Full Text:

PDF

References


Ahmad dwi setyawan, Dkk. 2008. Tumbuhan Mangrove di Pesisir Jawa Tengah Diagram Profil Vegetasi, Jurnal Biodiversitas, Vol. 9(4), Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Andi Gusti Tantu, Dkk. 2010. Profil Vegetasi Mangrove di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, Jurnal of Tropical Fisheries, Vol. 5(2), Malang: Universitas Brawijaya.

Fatimah, dkk. 2012. Collembola Permukaan Tanah Kebun Karet, Lampung, Zoo In donesia, Vol.21(2), Cibinong: Pusat Penelitian Biologi LIPI.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v4i1.2533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0