KAJIAN KUANTIFIKASI SIMPANAN KARBON TERSIMPAN PADA HUTAN KOTA PUTROE PHANG KOTA BANDA ACEH

Nur’aini Nur’aini, Elita Agustina, Samsul Kamal

Abstract


Hutan kota adalah salah satu kawasan yang dapat mengurangi peningkatan emisi karbon di atmosfer. Salah satunya adalah Hutan Kota Putroe Phang. Tumbuhan yang terdapat di Hutan Kota Putroe Phang ini mampu melakukan fotosintesis yang merupakan proses penting dalam penyimpanan karbon. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kuantifikasi simpanan karbon pada Hutan Kota Putroe Phang dan untuk mengetahui cara pemanfaatan hasil penelitian. Penelitian ini dilakukan di Hutan Kota Putroe Phang Banda Aceh, Provinsi Aceh. Pengambilan data penelitian dilakukan pada tanggal 5 sampai 7 Juli 2014. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling dengan cara menentukan lokasi pengambilan sampel di Hutan Kota Putro Phang, jenis-jenis pohon yang terdapat di Hutan Kota Putroe Phang, kemudian dicatat, diukur tinggi pohon dan diameter batang /Diameter at Breast Height (DBH). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa kuantifikasi simpanan karbon yang terdapat di Hutan Kota Putroe Phang totalnya adalah 0,0132455 g/ha. Kuantifikasi simpanan karbon paling banyak terdapat pada pohon Mimba (Azadirachta indica) yaitu 0,074 g/pohon dan yang paling sedikit terdapat pada pohon Petai cina (Leucaena leucocephala) yaitu 0.019 g/pohon.

Full Text:

PDF

References


BPS Kota Banda Aceh., Statistik Daerah Kota Banda Aceh, 2012.

Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota Banda Aceh., 2011.

Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota Banda Aceh., 2014.Brown, S., Estimating Biomassa and Biomass Change of tropical Forest : a Primer. FAO Forestry Paper- 134), FAO. Rome, 1997.

Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh., 2011.

Hairiah, K dan Rahayu, S., Pengukuran Karbon Tersimpan Di Berbagai Macam Penggunaan Lahan, Bogor:World Agroforestry Centre-ICRAF, SEA Regional Office, Ubiversitas of Brawijaya, Unibraw, Indonesia, 77 p, 2007.

Hairiah, K., dkk., Pengukuran Cadangan Karbon: dari tingkat lahan ke bentang lahan. Petunjuk Praktis. Edisi Kedua, (Bogor, World Agroforestry Centre, ICRAF SEA Regional office, University of Brawijaya (UB), Malang, Indonesia xx p, 2011.

Pamansuri., Cadangan Karbon Tersimpan Pada Tanaman di Hutan Kota BNI Sebagai Referensi Tambahan Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan dan Kependudukan (Skripsi), Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, h 5, 2013.

Wahyu C. A, dkk., Teknik Estimasi Kandungan Karbon Hutan Sekunder BekasKebakaran 1997/1998 di PT. Inhutani, Batu Ampar, KALTIM. 2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.