KEMIRIPAN SERANGGA NOKTURNAL PADA BEBERAPA WARNA LAMPU PERANGKAP JEBAK DI KAWASAN RINON PULO BREUH ACEH BESAR

Cut Nanda Mutia, Dessri Wahyuni, Soraya Ulfah, Najmul Falah

Abstract


Serangga nocturnal adalah serangga yang aktif melakukan kegiatan pada malam hari, dibandingkan pada waktu siang hari. Salah satu faktor yang mempengaruhi aktivitas serangga adalah cahaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks similaritas serangga nocturnal pada area pesisir dan hutan sekunder di kawasan Rinon. Penelitian ini dilakukan secara deskriptif eksploratif dengan menggunakan metode Lihgt Trap pada 5 titik penelitian. Data ditabulasi dengan menggunakan software Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan indeks similaritas (IS) tertinggi terdapat pada lampu warna hijau dan violet yaitu sebesar 80 % dan indeks kemiripan terendah pada lampu warna putih dan violet yaitu sebesar 13 %. Serangga yang paling banyak muncul yaitu dari famili Pentatomidae dan Alydidae.

Full Text:

PDF

References


Agus Setiadi, Pengantar Ekologi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000.

Rudi Chandra Aditama, dkk., Struktur Komunitas Serangga Nocturnal Areal Pertanian Padi Organic Pada Musim Penghujan di Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Jurnal Biotropika, vol. 1, no. 4, 2013.

Harry Ramza, dkk., Piranti Perangkap Serangga (Hama) Dengan Intensitas Cahaya, Artikel, 2009.

Http./www.edupain.com/warna/ragam-warna/1639/ panjang-gelombang-masing-masing warna.html.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v4i1.2543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0