KEANEKARAGAMAN INSEKTA PERMUKAAN TANAH DIURNAL DI KAWASAN RINON KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR

Maulita Anggraini, Musriana Musriana, Fakhri Yacob, Salfina Salfina, Rosita Rosita

Abstract


Pulo Breuh merupakan pulau terbesar yang terdiri dari 2 pemukiman dan mempunyai keanekaragaman hewan yang berlimpah, diantaranya yaitu insecta permukaan tanah seperti insecta diurnal. Insecta diurnal adalah insecta yang beraktivitas pada siang hari. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 20-21 Mei 2015 dengan tujuan untuk mengetahui keanekaragaman jenis insecta permukaan tanah diurnal pada dua tempat yang berbeda yaitu pada biotop terdedah dan biotop ternaung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Ordinal sampling (acak beraturan) dengan menggunakan pitfall trap (perangkap jatuh)yang dipasang pada pagi hari dan sampelnya diambil pada sore hari, sebanyak dua kali pengambilan.hasil penelitian menunjukkan bahwa insecta yang didapat pada tempat terdedah sebanyak 234 individu. Sedangkan insecta yang didapat pada tempat ternaung sebanyak 714 individu. Dari kedua tempat tersebut diperoleh indeks keanekaragaman berdasarkan Shanon-Weiner (H’) pada insecta diurnal terdedah adalah 2,4280 (sedang) dan pada insecta diurnal ternaung adalah 2,2271 (sedang).

Full Text:

PDF

References


Gevit R. Tambunan, dkk., 2013. Indeks Keanekaragaman Jenis Serangga pada Pertanaman Kelapa Sawit (Elaeis guineneensis Jacq) di Kebun Helvetia PT. Perkebunan Nusantara II, Jurnal Online Agroteknologi, Vol. 1 (4).

Husni, Ruslan. 2009. Komposisi dan Keanekaragaman Serangga Permukaan Tanah pada Habitat Hutan Homogen dan Heterogen di Pusat Pendidikan Konservasi Alam (PPKA) Badogol,Sukabumi, Jawa Barat, Jurnal of Biologi Universitas Nasional, Jakarta, Vol. 02 (1).

Jumar, 2000, Entomologi Pertanian, Jakarta : Rineka Cipta.

Kusuma, Cecep., 2001, Keanekaragaman Serangga Tanah dan Perannya pada Komunitas Rhizophora Spp di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai, Sulawesi Tenggara.

Martala, Sari., 2014, Identifikasi Serangga Dekomposer di Permukaan Tanah Hutan Tropis Dataran Rendah (Studi Kasus di Arboretrum di Kompleks Kampus UNILAK dengan Luas 9,2 Ha), Jurnal Bio Lutural, Vol.02 (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v4i1.2547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0