KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN MANGROVE DI GAMPONG PANDE KECAMATAN KUTARAJA KOTA BANDA ACEH

Muslich Hidayat

Abstract


Penelitian dengan judul Keanekaragaman Tumbuhan Mangrove di Gampong Pande Kecamatan Kuta Raja Banda Aceh telah dilakukan untuk mengidentifikasi kembali vegetasi mangrove yang ada pasca tsunami 2004. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis tumbuhan mangrove dan tingkat keanekaragamannya di Gampong Pande Kecamatan Kuta Raja Banda Aceh. Rancangan penelitian yang digunakan untuk memperoleh data lapangan adalah menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan dalam proses pengambilan sampel menggunakan metode kuadrat. Tingkat keanekaragaman di analisis dengan indeks Shannon-Wiener. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 15 spesies yaitu Rhizophora apiculata, Rhizophora mucronata, Rhizophora stylosa, Avicennia alba, Avicennia officinalis L., Acanthus ilicifolius L., Sonneratia ovata, Excoecaria agallocha L., Nypa fruticans, Aegiceras floridum, Derris trifoliata, Hibiscus tiliaceus L., Clerodendrum inerme L., Acrostichum aureum L., Sesuvium portulacastrum L., 11 familia dan 12 genus. Familia tumbuhan mangrove yang paling dominan di temukan adalah familia Rhizophoraceae dan Acanthaceae. Indeks keanekaragaman mangrove di gampong pande yaitu 2,44 dengan kategori sedang.

Full Text:

PDF

References


Hilda Zulkifli, Biologi Lingkungan, Milik Perpustakaan Unsiyah, 1997.

Muslich Hidayat, Penuntun Praktikum Ekologi Tumbuhan.Banda Aceh : Laboratorium Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry. 2013.

Indriyanto. Ekologi Hutan. Jakarta : Bumi Aksara, 2004.

TJitrosoedirjo.Pengolahan Gulma Di Perkebunan. Jakarta : Gramedia, 2004.

Peter Stiling. Ecologi theories and applications. Pretice hall : Usa, 1996.

Suhar, Saputra,U. Metode penelitian. Bandung : Refika Aditama, 2012.

Ulia Hanum, Keragaman Liliopsida Sebagai Media Pembelajaran Biologi,†Jurnal Ilmiah Biotik, Vol 1 Edisi 1, Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ar-RaniryApril 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v4i1.2555

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0