JENIS MIKORIZA DI KAWASAN RINON PULO BREUH ACEH BESAR

Lia Ulfa, Nidawati Nidawati, Susi Darmayanti, Muslich Hidayat

Abstract


Penelitian jenis Mikoriza Di Kawasan Rinon Pulo Breuh Aceh Besar yang dilaksanakan pada 24 Mei 2015, dengan menggunakan metode Purposive Sampling yang bertujuan untuk pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang diperlukan. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah jenis tanah yang terdapat mikoriza. Mikoriza merupakan jamur yang hidup secara bersimbiosis dengan sistem perakaran tanaman tinggkat tinggi. Mikoriza merupakan jenis mikroba tanah yang mempunyai kontribusi penting dalam kesuburan tanah dengan jalan meningkatkan kemampuan tanaman dalam penyerapan unsur hara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis spora mikoriza tanah. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa spora yang didapatkan yaitu 9 berwarna hitam, 20 berwarna kuning, 16 berwarna coklat, dan 42 berwarna bening, dan 18 berwarna orange. Berdasarkan jumlah jenis spora di atas, maka total semua jenis mikoriza didapatkan yaitu 105 spora

Full Text:

PDF

References


Budi Hartoyo., keanekaragaman fungi mikoriza arbuskula (fma) pada Rizosfer Tanaman pegagan (centella asiatica (l.) Urban), jurnal littri, vol. 17, no. 1, maret 2011.

Delvian., Optimalisasi Daya Tumbuh Tanaman terhadap Daya Dukung Perkembangbiakan Jamur Mikoriza, Surabaya: Institut Teknologi. 2006.

Handayanto, E. dan Hairiah.K., Biologi Tanah, Yogyakarta: Pustaka Adipura. 2007.

Onesia Honta Prasasti, dkk., Pengaruh Mikoriza Glomus fasciculatum Terhadap Pertumbuhan Vegetatif Tanaman Kacang Tanah yang Terinfeksi Patogen Sclerotium rolfsii, Jurnal Sains dan Seni Pomits, vol. 2, no.2, 2013.

Pujiyanto., Pemanfaatan Jasad Mikro, Jamu Mikoriza dan Bakteri Dalam Sistem Pertanian Berkelanjutan Di Indonesia, Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, Bogor , Vol. 13 No. 2, 2001.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v4i1.2581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0