PENGENDALIAN PENYAKIT BLAS YANG DISEBABKAN OLEH CENDAWAN PATOGEN Pyricularia grisea DENGAN APLIKASI BAKTERI PADA TANAMAN PADI (Oryza sativa) VAR. INPARI 15

Hendrix Indra Kesuma, Zuraidah Zuraidah, Samsul Kamal

Abstract


Penyakit Blas yang disebabkan oleh cendawan patogen Pyricularia grisea pada tanaman padi merupakan salah satu kendala dalam upaya produktivitas padi, termasuk varietas Inpari 15. Pengendalian penyakit yang sering digunakan yaitu fungisida. Fungisida tidak hanya bermanfaat, tetapi juga berdampak negatif pada lahan pertanian dan menyebabkan produk pertanian tidak aman dikonsumsi. Pemanfaatan bakteri sebagai agen biokontrol yang dapat menghambat pertumbuhan penyakit blas merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian yang dilakukan di lahan milik BPTP Aceh ini menggunakan tiga isolat bakteri yaitu P1, P2, dan P3. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan bakteri yang berpotensi sebagai agen pengendali hayati yang dapat menekan pertumbuhan Pyricularia grisea pada tanaman padi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis ragam pada taraf kepercayaan 95% (ANAVA) dan dilanjutkan dengan menggunakan Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada taraf 5% (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan isolat P1, P2 dan P3 memiliki kemampuan yang paling baik dalam menekan pertumbuhan Pyricularia grisea. Isolat-isolat ini juga berpotensi sebagai PGPR (Plant promoting growth rizhobacteria). Konsorsium Bacillus cereus dan Pseudomonas aeruginosa memiliki kemampuan paling unggul sebagai agen pemicu pertumbuhan tinggi batang, panjang daun, jumlah anakan serta jumlah malai yang muncul pada tanaman padi Inpari 15.

Full Text:

PDF

References


[Deptan] Departemen Pertanian. 2009. Penyakit padi karena jamur [terhubung berkala]. http://bbpadi.litbang.deptan .go.id/index.php?view=article&catid=82%3Apenyakit-padi-karena-jamur&id =154%3Apenyakit-blas&format=pdf& option=com_content&Itemid=82〈=in diakses pada 25 desember 2015.

[IRRI] International Rice Research Institute. 1988. Standard Evaluation System for Rice. Los Banos: International Rice Research Institute.

Azadeh, B.F. dan S. Meon. 2009. Molecular characterization of Pseudomonas aeruginosa UPM P3 from oil palm rhizosphere. Tersedia di : http://www.scipub.org/fulltext/ajas/ajas6111915-1919.pdf. diakses pada 25 desember 2015.

Djafaruddin. 2000. Dasar-dasar Pengendalian Penyakit Tanaman. Bumi Aksara : Jakarta.

J.Tandiabang dan Syahrir Pakki. 2007. Penyakit Blas (Pyriculariagrisea)dan Strategi Pengendaliannya pada Tanaman Padi.Prosiding Ilmiah dan Pertemuan Tahunan PEI dan PFI XVIII Komda Sul-Sel.

Kartika.2010. Potensi Bakteri Penghambat Cendawan Patogen Rhizoctonia solani dan Pyricularia grisea pada Tanaman Padi.IPB : Bogor.

Priyani. N., Liliyanto., dan Kiki. N. 2006. Uji Potensi Bacillus sp. dan Escherichia coli dalam Mendegradasi Alkil Berzen Sebagai Bahan Aktif Detergen. Jurnal Biologi Sumatra. Vol. 1 (2). ISSN 1907-5537.

Saikia, R., R. Kumar, D.K. Arora, , D.K . Gogoi, and P. Azad. 2006. Pseudomonas aeruginosa inducing rice resistance againts Rhizoctonia solani : Production of Salicylic acid and Peroxidases. Available at: http://www.biomed.cas.cz/mbu/folia. Diakses 25 desember 2015.

Syachroni, Fadilla Ahcmad. 2011. Efektivitas Formulasi Konsorsium Bakteri Sebagai Pengendali Penyakit Hawar Pelepah Daun Tanaman Padi. Bogor : FMIPA IPB.

Theresia T. Suharni, S. J. Nastiti, dan A. E. Sutariningsih. 2008. Mikrobiologi Umum. Univerista atmajaya : Yogyakarta.

Yulianti T, Suhara C. 2009. Patogenisitas Sclerotium rolfsii, Rhizoctonia solani, dan R. bataticola dari beberapa sumber inokulum terhadap kecambah wijen (Sesamum indicum L.) [terhubung berkala]. http://balittas.litbang.deptan. go.id/ind/images/wijen07/patogenitas.pdf [21 Januari 2016].

Yuliar. 2008. Skrining bioantagonistik bakteri untuk agen biokontrol Rhizoctonia solani dan kemampuannya dalam menghasilkan surfaktin. Biodiversitas9 :83-86.

Zou L et al. 2006. Elucidation of the hrp clusters of Xantomonas oryzae pv. Oryzicola that kontrol the hypersensitive response in nonhost tobacco and pathogenicity in susceptible host rice. Appl Environ Microbial 726212.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v4i1.2586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0