PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP BERPIKIR KRITIS, HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA PADA MATERI EKOSITEM DI SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR

Tria Maulida, Ismul Huda, Muhammad Ali Sarong

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Penerapan Model Pembelajaran Project-Based Learning (PJBL) Terhadap Berpikir Kritis, Hasil Belajar dan Motivasi Siswa Pada Materi Ekositem Di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Mia 1 SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya yang berjumlah 22 orang.Data diperoleh melalui tes yang diberikan kepada siswa setelah melalui pembelajaran menggunakan Project-Based Learning. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan rumus uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa tuntas secara individual harga t hitung t tabel = ( 4,76 2,68) pada taraf signifikan 0,05%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkanbahwa menggunakan Project-Based Learning dapat membantu siswa dalam mencapai ketuntasan belajar baik secara individual maupun klasikal.

Full Text:

PDF

References


Gora, W. (2014). Pakesmatik Strategi Pembelajaran Inovasi Berbasis TIK. Jakarta.

Purworini. (2006). Pembelajaran Berbasis Proyek Sebagai Upaya Mengembangkan Habit Of Mind Studi Kasus Di SMP Nasional KPS Balikpapan. Jurnal Pendidikan Inovatif,2, 17–19.

Kemendikbud. (2013). Implementasi Kurikulum, Lampiran IV. Jakarta: Pedoman Umum Pembelajaran.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.