PENGARUH MODEL MELALUI KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI REPRODUKSI MANUSIA DI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH

Authors

  • Khairil Khairil Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Syiah Kuala Banda Aceh
  • Cut Nurmaliah Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Syiah Kuala Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.22373/pbio.v4i1.2593

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi reproduksi manusia di SMA Negeri 8 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah ekperimen dengan desain penelitian “Pretest-Postest Control Group Design†. Sampel pada penelitian ini adalah 2 kelas yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan masing-masing kelas memiliki 30 siswa. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar. Analisis data untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggunakan n-gain, dan uji t pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata N-gain kelas eksperimen 77,92 dan rata-rata kelas kontrol 68,92. Hasil analisis statistik diperoleh nilai t-hit (2,043) > t-tab (2,013) Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh model kooperatif STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi reproduksi manusia di SMA Negeri 8 Banda Aceh

Author Biographies

  • Khairil Khairil, Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Syiah Kuala Banda Aceh
    Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Syiah Kuala Banda Aceh
  • Cut Nurmaliah, Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Syiah Kuala Banda Aceh
    Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Syiah Kuala Banda Aceh

References

Blosser, P.E. 1992. Using Cooperetive Learning in Science Education. CSMEE Bulletin. (1-92): 432.

Cheng, K. K., Thacker, B. A., & Cardenas, R. L. (2004). Using online Homework System enhances Students Learning of Physics Concepts in an Introductory Physics Course. American Journal of Physics. 72(11): 1447-1453.

Koprowski, J.L. & N. Perigo. 2000. Cooperative Learning as a Tool to Teach Vertebrate Anatomy. The American Biology Teacher. 62(4): 282-284.

Margendoller, Jhon R., Nan L Maxwell., Yolanda Bellisimo. 2006. The Effectiveness of Problem Based Instruction. A Comparative Study of Instructional Method and Student Characteristic. The Interdiciplinary Journal of Problem Based Learning. Vol 1 (2): 50 - 68. On line. http://dx.doi.org/10.7771/1541-5015.1026. diakses 20 April 2012

Meltzer, D. (2002). The Relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains In Physics: A Departement of Physics and Astronomy, Lowa State University, Ames, Low 50011.www.physicseducation.net/docs/AJP-Dec-2002. Vol 70:1259-1268. Diakses pada tanggal 25 April 2013.

Nurhadi, B. Yasin, A. G. Senduk (2004). Pembelajaran Kontektual dan Penerapan

dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Qadriyah, (2002). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif STAD Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMU Wahid Hasyim. Tesis. Program Pasca Sarjana Universitas negeri Malang.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slavin, R. E. (1997). Educational Psychology: Theory and Practice (5th ed). USA:

Allyn and Bacon.

Sudjana. 1996. Metode Statistika. Bandung : Tarsito

Downloads

Published

2018-02-12