UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING

Fatemah Rosma

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang Upaya Peningkatan Hasil belajar pada Materi Pencemaran Lingkungan melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada bulai Mei 2014 di MAN Model Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek dengan model konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain kontrol grup tes awal dan tes akhir. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 240 siswa, sampelnya dipilih secara acak sebanyak 60 siswa yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan awal (pretes) dan tes kemampuan akhir (postes). Pengolahan data dilakukan dengan mencari gain ternormalisasi dan membandingkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan thitung 10,74 > ttabel 1,645. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Barnes, D.K.A. (1999) High diversity of tropical intertidal-zone sponges in temperature, salinity and current extremes. Afr. J. Ecol. 37, page. 424-434.

Djamarah, S,B. 2002. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Hasanuddin. 2013. Pengaruh Pembelajaran RQA dipadu TPS Berbasis Lesson Study terhadap Kemampuan Metakognisi dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa pada Matakuliah Anatomi Tumbuhan. Disertasi. Tidak Dipublikasi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Mahanal, S. Dkk. 2009. Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning pada Materi Ekosistem terhadap Sikap dan Hasil Belajar SMAN 2 Malang. Jurnal Skripsi. Universitas Negeri Malang.

Miswanto, 2011. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Materi Program Linear Siswa Kelas X SMK Negeri 1 singosari. Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan. 1 (1) 60-68.

Stevani, E.P. 2006. Pembelajaran Berbasis Proyek sebagai Upaya Mengembangkan Habit of Mind Studi Kasus di SMP Nasional KPS Balikpapan. Jurnal Pendidikan Inovatif.1(2).

Sutirman. 2013. Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suyono, H. 2011. Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya

Turgut, H. 2008. Prospective Science Teachers’ Conceptualizations About Project Based Learning. International Journal Of Instruction ISSN: 1694-609X. 1(1). Tersedia Pada Http://Www.EIji.Net/ Dosyalar/2008.Pdf Diakses Pada Tanggal 11 Oktober 2014.

Wena, M. 2012. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Yalcin, S.A. Turgut, U. Bunyukkasap, E. 2009. The Effect of Project Based Learning on Science Undergraduates learning of electricity, Attitudes Towards Physics and Scientific Process Skills. International Online Journal of Educational Sciences. 1 (1): 81-105.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v4i1.2596

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v4i1.2596.g1854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0