RAHMATAN LIL‘ALAMIN DALAM PEMELIHARAAN SUMBER DAYA ALAM HAYATI

Yusny Saby

Abstract


Islam adalah agama Rahmatan lil‘alamin sebenarnya adalah kesimpulan dari firman Allah “Wama arsalnaka illa rahmatan lil‘alamin (QS.Al Anbiya:107)†kami tidak mengutus engkau Wahai Muhammad, melainkan sebagai rahmat bagi seluruh alamâ€. Berkenaan dengan pemeliharaan sumber daya alam terdapat beberapa nash dari al-Qur’an dan as-Sunnah. Manusia mempunyai peranan penting dalam menjaga kelestarian alam. Allah menjadikan semua alam ini untuk manusia dan manusia dijadikan khalifah di bumi ini.Manusia mempunyai hak memanfaatkan apa yang ada dibumi (sumber daya alam) seperti:tanah, air, batu, logam, pohon-pohonan, rerumputan, buah-buahan, biji-bijian, hewan, udara. Sumber daya alam ini semua boleh di eksploitasi oleh manusia dalam taraf yang tidak melampau batas, yang berarti tidak menyebabkan kelangkaan dan kepunahan spesies-spesies tertentu, apalagi menyebabkan terganggunya keseimbangan dan menimbulkan kerusakan alam.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v3i1.2607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0