INVENTARISASI JENIS PLANKTON DI KAWASAN PANTAI UJUNG SEUREUDONG SAWANG BA’U KECAMATAN SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN

Dewi Fitri Mutia, Hendrix Indra Kusuma, Nurul Akbari

Abstract


Penelitian tentang “Inventarisasi Jenis Plankton di Kawasan Pantai Ujung Seureudong Sawang Ba’u Kabupaten Aceh Selatan†telah dilakukan pada bulan Mei 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis plankton di kawasan pantai ujoeng seureudong sawang bak ue. Pengamatan difokuskan pada komunitas plankton di delapan titik stasiun pengamatan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara penyaringan air menggunakan timba yang dituangkan ke dalam planktonet yang berisi botol sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keanekaragaman jenis plankton tergolong tinggi dengan nilai H’ = 3.827314175.

Full Text:

PDF

References


Fachrul, M.F. 2007. Metode Sampling Bioekologi. Jakarta: Bumi Aksara.

Madinawati, 2010. Kelimpahan Dan Keanekaragaman Plankton Di Perairan Lagunadesa Tolongano Kecamatan Banawa Selatan. Sulawesi Tengah: Media Litbang Sulteng.

Adi Gunawan, 2014. Keanekaragaman Plankton Di Perairan Iboih Kecamatan Sukakarya Sabang, Prosiding Seminar Nasional Biotik. Banda Aceh: Prodi Pendidikan Biologi.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v3i1.2614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0