BIOMASSA DAN STOK KARBON BERDASARKAN JENIS TUMBUHAN DI KAWASAN PENGUNUNGAN SAWANG BA’U KECAMATAN SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN

Fitria Fitria, Fitrina Fitrina, Rizal Rahmat

Abstract


Aceh Selatan merupakan kawasan pengunungan. Salah satunya yaitu pengunungan Sawang Ba’u. Pengunungan merupakan kumpulan dari gunung-gunung yang saling berdekatan yang memiliki fungsinya untuk perlindungan hewan dan tumbuhan agar tidak punah serta untuk keseimbangan ekosistem. Lokasi penelitian di kawasan pengunungan Sawang Ba’u Kecamatan Sawang Aceh Selatan. Untuk itu tujuan dari kegiatan penelitian ini adalah sebagai salah satu upaya untuk memberikan tambahan informasi mengenai jumlah stok karbon berdasarkan jenis tumbuhan di pengunungan seurudong. Areal lokasi penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di pengunungan seurudong di dominansi oleh jenis tumbuhan Myristica fagrans. Dengan jumlah 40 individu, kemudian Piper aduncum dengan jumlah 9 individu dan jenis tumbuhan yang paling banyak menyerap karbon adalah Mangifera odorata dengan biomassa 0.050006, karbon tersimpan 0.0230028 dan yang paling sedikit jenis tumbuhan yang menyerap karbon adalah syzigium malacencis dengan biomassa 0.010387 dan karbon tersimpan 0.0047782.

Full Text:

PDF

References


Dson. R.K Brown S Houghton R, A Solomon AM Trexler M.C and Wisniewski J, carbon pools and flux of global florest esystem, Science, 263, pp.185-190.

Elias, N.J. Wistara. 2009. Metode Estimasi Massa Karbon Pohon Jeunjing (Paraserianthes falcataria L Nielsen) di Hutan Rakyat, Artikel Ilmiah, JMHT Vol. XV (2), Bogor: IPB.

Gan Thay Kong. 2010. Peran Biomassa Bagi Energi Terbarukan, Jakarta: Gramedia.

Hairiah K, S.M. Sitompul. 2001. Methods For Sampling Carbon Stocks Above and Belowground, Bogor: Local Action and Global Concerns, ICRA.

Rahayu, Subekti,Lusiana. Betha, dan van Noordwkijk. 2005. Cadangan Karbon di Atas Permukaan Tanah Pada Berbagai Sistem Penggunaan Lahan, Kalimantan Timur.

Ruhiyat. 1995. Estimasi Biomassa Tegakan Hutan Tropis Di kalimantan Timur, Bogor: Lokakarya Inventarisasi Emisi dan Rosot Gas Rumah Kaca.

Soemarwoto. O. 2001. Ekologi, Lingkungan Hidup dan Pembangunan. Jakarta: Penerbit Djambatan.

Tresnawan, H dan Upik R. 2002. Pendugaan Biomassa Diatas Tanah di Ekosistem Hutan Primer dan Hutan Bekas Tebangan (Studi kasus Hutan Dusun Aro, Jambi), Jambi: Angkasa Raya.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v3i1.2615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0