KEPADATAN MAKROBIOTA PADANG LAMUN DI ZONA LITORAL PANTAI PASIR PUTIH KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR

Dewi Erianti

Abstract


Penelitian tentang “Kepadatan Makrobiota Padang Lamun di Zona Litoral Pantai Pasir Putih Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar†telah dilaksanakan pada bulan April sampai Juni 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepadatan makrobiota dan spesies makrobiota yang terpadat di padang lamun yang terdapat di Pantai Pasir Putih Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Pengambilan data dilaksanakan pada tanggal 16-27 Juni 2013. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan survey, dengan mengamati secara langsung objek di habitat aslinya. Penentuan stasiun dan plot pengamatan dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling, yang menetapkan plot dengan memperhatikan berbagai pertimbangan kondisi dan keberadaan makrobiota. Pada lokasi penelitian diletakkan sebanyak 10 plot dengan ukuran setiap plot 1 m x 1 m. Analisis data menggunakan rumus kepadatan. Hasil yang diperoleh yaitu kepadatan makrobiota berkisar antara 1-13 individu/m2, dan makrobiota tertinggi kepadatannya adalah Plotosus lineatus dengan 13 ind/ Kesimpulannya adalah kepadatan makrobiota padang lamun Zona Litoral Pantai Pasir Putih Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar berkisar antara 1-13 ind/ , dan spesies dengan kepadatan tertinggi adalah Plotosus lineatus.

Full Text:

PDF

References


Aziz, A. 2005. Tingkah Laku Bulu Babi di Padang Lamun. Jurnal Oseana, (Online), Volume XIX, No. 4: 35-43.

Azkab, M. H. 2000. Struktur dan Fungsi Pada Komunitas Lamun. Jurnal Oseana, (Online), Volume XXV, Nomor 3, 2000 : 9-17.

Erianti, Dewi. 2013. ‘Karakteristik Habitat dan Kepadatan Makrobiota Padang Lamun Zona Litoral Pantai Pasir Putih Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besarâ€. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Gilanders, B.M. 2006. Seagrasses, Fish, and Fisheries. In: Larkum, A.W.D., Orth, R.J., Duarte, C.M. (Eds.), Seagrasses: Biology, Ecology, and Conservation. Springer, The Netherland, 503-536pp.

Manik, N. 2011. Struktur Komunitas Ikan di Padang Lamun Kecamatan Wori Sulawesi Utara. Jurnal Oseanologi dan Limnologi di Indonesia (Online), 37(1): 29 – 41.

Putri, A. E. 2004. “Struktur Komunitas Lamun di Perairan Pantai Pulau Tidung Besar Kepulauan Seribu, Jakartaâ€. Skripsi. Bogor: IPB Bogor

Tangke, Umar. 2010. Ekosistem Padang Lamun. Jurnal Ilmiah Agribisnis dan Perikanan (agrikan UMMU-Ternate), (Online), Volume 3 Edisi 1, diakses Mei 2010.

Yulianda, F. 2002. Pengenalan Lamun (Seagrass): Penuntun Praktikum Biologi Laut. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Bogor: Institut Pertanian Bogor.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v3i1.2619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0