KEANEKARAGAMAN JENIS LICHENES DI PEGUNUNGAN GLE JABA KECAMATAN LHOONG ACEH BESAR

Ernilasari Ernilasari, Lina Rahmawati, Nursalmi Mahdi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keanekaragaman jenis Lichenes yang terdapat di Pegunungan Gle Jaba Kecamatan Lhoong Aceh Besar. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2014 di Pegunungan Gle Jaba Kecamatan Lhoong Aceh Besar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik line transek berukuran 20m x 100m dan petak kuadrat berukuran 10 m x 10 m sebanyak 3 petak pada setiap stasiun pengamatan di bagian Utara, Barat, Timur dan Selatan Gle Jaba. Pengumpulan sampel dilakukan dengan cara mengamati dan mencatat jenis Lichenes yang ditemukan pada berbagai habitat baik pada permukaan kulit pohon, bebatuan dan permukaan tanah. Pengukuran faktor fisika kimia lingkungan dilakukan dengan mengukur kelembaban udara, kelembaban tanah, suhu udara, pH tanah, dan intensitas cahaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis Lichenes yang terdapat di pegunungan Gle Jaba berjumlah 31 jenis dari 16 familia dengan tingkat keanekaragaman H’= 3.2 yitu tergolong tinggi berdasarkan kriteria Shannon-Wiener.

Full Text:

PDF

References


Kansri. 2003. Acid Deposition Monitoring and Assessment Third Country Training:Using Lichen as Bioindicator of Air Pollution, Department of Biology Ramkhamhaeng, Thailand.

Clifford, M.W. 1987. Lichens and Air Quality in Boundary Waters Canoe Area of Superior National Forest, Botany Department University of Minnesota, Minnesota.

Neil A. Campbell. 2004. Biologi Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga.

Noer, I.S. 2004. Bioindikator Sebagai Alat Untuk Menengarai Adanya Pencemaran Udara. Forum Komunikasi Lingkungan III, Kamajongan, Bandung.

Yurnaliza. 2002. Lichenese, Karakteristik, Klasifikasi dan Kegunaan, Sumatera Utara: FMIPA Biologi USU digital Library.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v3i1.2630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0