STATUS KONSERVASI IKAN KARANG DI ZONA LITORAL PERAIRAN IBOIH KOTA SABANG SEBAGAI REFERENSI MATA KULIAH ZOOLOGI VERTEBRATA

Elita Agustina, Qudwatin Nisak, Pansurna Pansurna

Abstract


Ikan karang merupakan salah satu komoditi unggulan perikanan serta akuarium laut. Hal ini tidak terlepas dari beragam corak yang berwarna-warni dari beragam spesies ikan karang itu sendiri. Ikan karang juga memiliki peranan bagi manusia, terutama masyarakat yang hidup di area pesisir.Ikan Karang merupakan spesies ikan yang hidup di kawasan terumbu karang, salah satu kawasan terumbu karang adalah Perairan Iboih Kecamatan Suka Karya Kota Sabang. Data dan status konservasi spesies ikan karang di Kota Sabang masih sangat terbatas informasinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui spesies ikan karang dan status konservasinya di Zona Litoral Perairan Iboih, selain itu untuk mengetahui pemanfaatan hasil penilitian ini sebagai referensi mata kuliah zoologi vertebrata. Metode pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan menetapkan titik pengamatan berdasarkan keberadaan terumbu karang, dan mendokumentasikan spesies ikan karang dengan menggunakan kamera air (under water camera). Selanjutnya data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ditemukan 33 spesies ikan karang dari 18 famili yang berbeda, di empat titik stasiun pengamatan. Status konservasi spesies-spesies ikan karang yang terdapat di Zona Litorial Perairan Iboih Kecamatan Suka Karya Kota Sabang dalam status dilindungi, 18 famili dengan kategori LC (Least Concern) atau Kekhwatiran rendah, ditemukan 1 genus dari famili Pomacentridae dengan kategori DD (Data Deficien) atau kekurangan data, dan terdapat 6 genus dari enam famili dengan kategori NE (Not Evaluated) atau belum dievaluasi. Hasil penelitian Spesies Ikan Karang di Zona Litoral Perairan Iboih Kecamatan Suka Karya Kota Sabang diaplikasikan dalam bentuk buku saku dan poster.

Full Text:

PDF

References


Anonimous., The IUCN Red List of Threatened Species (online), diakses tanggal 29 Desember 2014. melalui situs www.iucnredlist.org/search.

Edi Rudi, Fadli, Nur. 2012. Komunitas Ikan Karang Herbivora di Perairan Aceh Bagian Utara. Depik. Vol.1, No.1, pp. 37-44.

Edi Rudi, 2011. Komunitas Ikan Karang Perairan Aceh dan Sekitarnya, Bandung: Lubuk Agung.

Ferianita, Melati. 2007. Metode Sampling Bioekologi, Jakarta: Bumi Aksara.

Neviaty., 2011. Strategi Pengembangan Pengelolaan Sumberdaya Ikan Ekor Kuning (Caesio cuning) Pada Ekosistem Terumbu Karang di Kepulauan Seribu, Jurnal Saintek Perikanan, Vol. 6, No. 2, Jakarta.

Panglima Laot Lhok Iboih. 2010. Draf Rancangan Hukom Adat Laot Iboih, Gampong Iboih, Kecamatan Suakarya, Kota Sabang.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2011, Pengelolaan Kawasan Suaka Alam dan Kawasan Pelestarian Alam, (online) diakses tanggal 17 November 2014.

Russell, Cheilinus undulates. 2004. .IUCN Red List of Threatened Spesies. www.iucnredlist.org,

UNEP. Protected Areas, Biodiversity and Conservation (online) diakses melalui situs: http://www.unep.org, 10 Oktober 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.