JENIS RHOPALOCERA PADA BEBERAPA TIPE HABITAT DI PULO BREUH KABUPATEN ACEH BESAR

Azimah Azimah, Ibtihal Maghfirah, Wiwis Maria, Samsul Kamal

Abstract


Penelitian tentang jenis Rhopalocera ini dilaksanakan dikawasan Pulo Breueh Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar yang telah dilakukan pada bulan Mei 2015, dengan tujuan untuk mendapatkan informasi tentang jenis Rhopalocera yang terdapat di kawasan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode jelajah dari satu lokasi ke lokasi lain. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa jenis Rhopalocera yang ditemukan di kawasan Pulo Breueh adalah sebanyak 41 spesies Rhopalocera yang tergolong kedalam, 1 ordo dan 5 famili yang paling banyak ditemukan adalah famili Nymphalidae dengan jumlah 28 spesies. Spesies yang paling banyak ditemukan adalah Danaus plexippus dan Euploea crameri yang masing-masing berjumlah 10 spesies.

Full Text:

PDF

References


Hadi muchammad, dkk., Entomologi, Jogjakarta: Graham Ilmu, 2009.

Jumar., Entomologi Pertanian, Jakarta: Rineka Cipta. 2000.

M. Rahayuningsih, R. Oqtafiana, B. Priyono, “Keanekaragaman Jenis Kupu-Kupu Superfamili Papilionoidae Di Dukuh Banyuwindu Desa Limbangan Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendalâ€, Jurnal Mipa, Vol. 35, No. 1, 2012.

Nofri Sea Mega Sutra, dkk., “Spesies Kupu-Kupu (Rhopalocera) Di Tanjung Balai Karimun Kabupaten Karimun, Kepulauan Riauâ€,Jurnal Biologi Universitas Andalas, Vol, 1, No. 1, 2012

Subyanto., Kunci Determinasi Serangga, Yogyakarta: Kanisius, 1991.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v4i1.2685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0