POPULASI BELALANG (ORTHOPTERA) DI KAWASAN PEMUKIMAN SAWANG BA’U KECAMATAN SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN

Asna Susanti, Wulan Sary, Siti Ramlah

Abstract


Penelitian tentang “Populasi Belalang (Orthoptera) di Kawasan Pemukiman Sawang Ba’u Kabupaten Aceh Selatan†telah dilakukan pada bulan Mei 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui populasi belalang di kawasan pemukiman Sawang Ba’u Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode capture-recapture (metode tangkap-lepas) dengan menggunakan insect net, dimulai dari titik nol sampai kembali ke titik nol. Cara menghitung populasi belalang dengan menggunakan rumus N=(M)(n)/R. Hasil yang didapatkan yaitu N= 600, 2307, dengan jumlah jenis belalang yang ditemukan pada lokasi penelitian hanya 3 spesies yaitu Valanga nigricornis, Dissosteira carolina, dan Atractomorpha crenulata.

Full Text:

PDF

References


Borror, Triplehorn Johnson., Pengenalan Pelajaran Serangga Edisi ke-6, Yogyakarta: UGM, 1992.

Erniwati., 2003, Belalang (Orthoptera) dan kekerabatannya. Di dalam: Amir M, Kahono S (ed.). Serangga Taman Nasional Gunung Halimun Jawa Barat. Biodiversity Conservation Project. Hal. 63-76.

Gwynne, et al. Erawati, Sih Kahono., 2010, Keanekaragaman dan Kelimpahan Belalang dan Kerabatnya (Orthoptera) pada Dua Ekosistem Pegunungan di Taman Nasional Gunung Halimun-Salak. Bogor : FMIPA IPB. Vol 7 (2). hal 101-102.

Kimball, J.W., Biologi, Jakarta: Erlangga, 1999.

Lin Nursaidah; Jurnal Biotropika, “Komposisi Serangga Kanopi Pohon Apel di Desa Poncokusumo Kabupaten Malangâ€, Malang : Universitas Bawijaya, 2013.

Nety, V. E. Sih Kahono., 2010, Keanekaragaman dan Kelimpahan Belalang dan Kerabatnya (Orthoptera) pada Dua Ekosistem Pegunungan di Taman Nasional Gunung Halimun-Salak. Bogor : FMIPA IPB. Vol 7 (2).

Subahar.T., Keanekaragaman Serangga pada Bentang Alam yang Berbeda di Kawasan Gunung Tangkuban Perahu,(Bogor : Koensir Nasional Serangga, 2004).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v3i1.2688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0