KAJIAN KANDUNGAN VITAMIN C DAN ORGANOLEPTIK DENGAN KONSENTRASI DAN LAMA PERENDAMAN EKSTRAK LIDAH BUAYA (Aloe vera L.) TERHADAP BUAH TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.)

Sartika Sartika, Rita Hayati, Elly Kesumawati

Abstract


Buah Tomat (Lycopersicum esculentum Mill.) merupakan merupakan salah satu jenis tanaman hortikultura. Tomat sebagai komoditas hortikultura pada umumnya memiliki sifat mudah rusak sehingga penanganan pascapanen buah tomat yang tidak tepat dapat mengakibatkan penurunan mutu buah. Edible coating merupakan suatu metode yang digunakan untuk memperpanjang umur simpan dan mempertahankan mutu dari buah-buahan pada suhu ruang. Edible coating adalah lapisan tipis yang bertujuan untuk memberikan penahanan yang selektif terhadap perpindahan massa dan atau sebagai pembawa aditif serta untuk meningkatkan penanganan suatu makanan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui konsentrasi dan lama perendaman ekstrak lidah buaya terhadap kandungan vitamin C dan organoleptik pada buah tomat serta mengetahui perlakuan terbaik antara tingkat konsentrasi dan lama perendaman terhadap kandungan vitamin C dan organoletik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 2 faktor yaitu perlakuan konsentrasi (K) yang terdiri dari 4 taraf antara lain 100% ekstrak lidah buaya, 75% ekstrak lidah buaya + 25% air, 50% ekstrak lidah buaya + 50% air, dan 25% ekstrak lidah buaya + 75% air dan lama perendaman (P) yang terdiri dari 3 taraf antara lain 15 menit, 30 menit dan 45 menit. Pengamatan dilakukan pada 0, 4, 8, 12, dan 16 hari setelah perlakuan. Masing-masing perlakuan diulang sebanyak tiga kali. Analisa keragaman hasil dilakukan dengan analisa ANOVA, dilanjutkan dengan uji BNT 5% untuk melihat perbedaan antar perlakuan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah umur simpan buah tomat berpengaruh terhadap kandungan vitamin C dan Organoleptik. Hasil organoleptik terhadap buah tomat berpengaruh pada parameter warna dan tekstur sampai penyimpanan 16 hari. Perlakuan terbaik pada kandungan vitamin C dan organoleptik terhadap buah tomat yaitu perlakuan konsentrasi 100% dan lama perendaman selama 45 menit.

Full Text:

PDF

References


Anonimous, 2011. Penggunaan Gel Lidah Buaya Sebagai Pengawet Buah. http://www.Net.sains.com. [19 Maret 2015].

Baldwin, Elizabeth. 2005. Edible Coating. Taylor & Francis Group, LLC. 515 Prosiding Seminar Nasional, Program Studi Teknologi Industri Pertanian bekerjasama dengan Asosiasi Profesi Teknologi Agroindustri (APTA).

Budiman. 2011. Aplikasi Pati Singkong sebagai Bahan Baku Edible Coating untuk Memperpanjang Umur simpan Pisang Cavendish (Musa cavendishii). Skripsi : Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Budi , B.S., dan Bambang, S.P 1995. Fisiologis dan Teknologi Pasca Panen Tanaman Hortikultura. Eastern University Project Indonesia Australia AusAID.

Badan Pusat Statistik. 2013. Produksi sayuran di Indonesia. http://www.bps.go.id. [19 Maret 2015].

Cahyono, 1998. Pasca Panen Sayur. PT. Penebar Swadaya. Jakarta.

Hasanah, U. 2009. Pemanfaatan Gel Lidah Buaya Sebagai Edible Coating Untuk Memperpanjang Umur Simpan Paprika (Capsicum annum). Skripsi: Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Krismayanti, A. 2007. Aplikasi Gel Lidah Buaya (Aloe vera L.) sebagai Edible Coating pada pengawetan tomat (Lycopersicum esculentum Mill.). Skripsi: Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Krotcha, G.M., Baldwin, E. A., dan M. Nispero-Carriedo. 1994. Edible coating and Films to Improve Food Quality. Tecnomic Publishing Co. Inc. Lancaster. Basel.

Mardiana R. 2008. Pengaruh Lama Pencelupan Gel Lidah Buaya Terhadap Sifat Fisika dan Kimia Buah Mangga. Skripsi: Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Pantastico. 2003. Manajemen dan Budidaya Tomat. Agromedia Pustaka. Jakarta.

Priyanto, G. 1988. Teknik Pengawetan Pangan. PAU Pangan Gizi. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta. 244 halaman.

Setiadi, B. 2009. Pemanfaatan Ekstrak Lidah Buaya untuk Memperpanjang Umur Simpan Pepaya. Skripsi: Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Yudiana. 2013. Penggunaan Gel Lidah Buaya dan Suhu Rendah Terhadap Umur Simpan Buah Anggur (Vitis vinivera L). Skripsi. Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v3i1.2690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0