MENGKONTRUKSI KEARIFAN LOKAL DALAM PENGOBATAN TRADISIONAL REPRODUKSI OLEH DUKUN BAYI DI ACEH

Tuti Marjan Fuadi

Abstract


Eksistensi dukun bayi dalam era pengobatan modern di Indonesia masih tinggi, terutama di daerah pedesaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkonstruksi kearifan lokal dalam pengobatan tradisional reproduksi oleh dukun bayi di Aceh. Metode penelitian dengan pendeketan etnografi budaya, melalui pengamatan dan wawancara. Hasil penelitian terlihat serangkaian kearifan lokal dalam pengobatan tradional reproduksi oleh dukun bayi di Aceh dapat dilihat pada pengobatan trandisional sebelum persalinan, proses pertolongan persalinan dan pelayanan pasca persalinan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keberadaan dukun Bayi atau Ma’ Blien tidak terlepas dari kebudayaan Indonesia khususnya Aceh. Dalam konteks kearifan lokal reproduksi, Ma’ Blien mengambil peran penting dalam berbagai trandisi pengobatan tradisional reproduksi seperti Urot, Manoe peut ploh peut, Madeung, Sale. Tradisi dan praktik yang dijalankan oleh Ma’ Blien selalu diwarnai dengan nilai-nilai adat dan agama.

Full Text:

PDF

References


Anggorodi, R. 2009. Dukun Bayi dalam Persalinan Oleh Masyarakat Indonesia. Jurnal Makara Kesehatan. Vol 13 No 1 : 9-14.

Departemen Kesehatan RI Direktorat Jenderal Pembinaan Kesehatan Masyarakat Direktorat Bina Kesehatan Keluarga. 1994. Buku Pintar Dukun. Departemen Kesehatan : Jakarta.

Departemen Kesehatan RI Direktorat Jenderal Pembinaan Kesehatan Masyarakat Direktorat Bina Kesehatan Keluarga. 1994. Kurikulum Pelatihan Dukun. Departemen Kesehatan : Jakarta.

Retno, M. 2008. Pengobatan Tradisional Dukun Beranak: Regulasi dan Kebutuhan Masyarakat Dikaitkan dengan Angka Kematian Ibu di Kabupaten Grobongan. Tesis. Universitas Katolik Soegijapranata : Semarang.

Mudey, A. M., Naveeta, K., Gargi, A. M.&Ramchandra, C. G. (2010). A Cross- Sectional Study on Awareness Regarding Safe and Hygienic Practices Amongst School Going Adolescent Girls in Rural Area of Wardha District. Global Journal of Health Science, 2: 225-231.

Phuspita, F. 2010. Sistem Kepercayaan Adat Kehamilan dan Kelahiran di dalam Masyarakat Jawa dalam Teks PLATENALBUM Yogya 30.Skripsi. Universitas Indonesia : Depok.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v3i1.2699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0