KUALITAS TES SUBJEKTIF BUATAN GURU BIDANG STUD I BIOLOGI SMKN 4 ACEH BARAT DAYA

Eva Nauli Taib, Evi Nopita Taib

Abstract


Kegiatan menganalisis butir soal merupakan salah satu “kewajiban bagi setiap guruâ€, dikatakan kewajiban karena setiap guru pada akhirnya harus dapat memberikan informasi kepada lembaganya ataupun kepada siswa itu sendiri tentang bagaimana dan sejauhmana penguasaan dan kemampuan yang telah dicapai siswa terhadap materi dan keterampilan-keterampilan mengenai mata pelajaran yang telah diberikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2014 di SMK N 4 Aceh Barat Daya. Adapun tujuannya adalah untuk menggambarkan Kualitas Tes Subjektif Buatan Guru Bidang Studi Biologi SMK N 4 Aceh Barat Daya ditinjau dari aspek validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, serta daya pembeda. Penelitian ini menggunakan studi dokumentasi dimana instrumen yang digunakan adalah soal buatan guru Biologi dan lembar jawaban tes hasil belajar siswa. Adapun soalnya berbentuk tes subjektif sebanyak 6 soal, sedangkan jumlah siswanya 23 orang. Selanjutnya data yang diperoleh, kemudian dianalisis untuk menghitung tingkat kesukaran, validitas, reliabilitas, daya pembeda soal menggunakan progran ANATES. Hasil yang telah dianalisis menunjukkan bahwa secara umum tes subjektif buatan guru Biologi validitas soal sudah valid dengan nilai korelasinya 0,66. Demikian juga reabilitas soal tergolong bagus dengan nilai reabilitas tes mencapi 0,80. Sedangkan tingkat kesukaran soal 3 soal masuk dalam kategori sangat mudah dan 3 lainnya dalam kategori sedang dengan kisaran TK = 0,41 sampai 0,9. Daya Pembeda soal hanya satu soal yang memiliki 0,08 yang berarti soal tersebut belum dapat membedakan siswa pandai dengan yang tidak pandai yaitu soal no 6.

Full Text:

PDF

References


Ariana, L.T. 2011. Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Gasal IPA Kelas IX SMP di Kabupaten Groboganâ€, Skripsi, Semarang: UNNES, 2011. Diakses dari http:// http://www.lib.unnes.ac.id/pdf. Diakses tanggal 15 mei 2014.

Arikunto, S. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Edisi 2, Jakarta: Bumi Aksara.

Matondang, Z. 2009. Validitas dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitianâ€, jurnal Pendidikan, Vol. 6, No 1, (Medan: UNIMED, 2009), hal. 92. diakses dari http://digilib.unimed.ac.id/public/UNIMED.pdf. Diakses tanggal 15 mei 2013.

Sudijono, A. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Thaung, C. 2013. Download Software Anates V4â€, diakses dari http://bursa-onlinejepara.blogspot.com/2013/12/download-software-anates-v4.htm.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v3i1.2720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0